22 Januari 2018
Home / Spesial Riau / Pemprov Riau akan terapkan sistem gaji tunggal pada ASN

Pemprov Riau akan terapkan sistem gaji tunggal pada ASN

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman.

Pekanbaru (Riaunews.com) – Para aparatur sipil negara (ASN) yang bertugas di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau akan digaji berdasarkan single salary system alias sistem gaji tunggal.

Dengan sistem ini pegawai hanya akan diberikan gaji bersih yang terdiri atas unsur jabatan, kinerja, serta grade dan step. Sistem ini mengakumulasi berbagai jenis penghasilan dan menetapkan komponen penghasilan menjadi satu jenis penghasilan (gaji jabatan).



“Jadi, sistem penggajian berbasis jabatan tidak lagi berdasarkan pangkat dan golongan ruang, tetapi didasarkan bobot atau grade jabatan,” kata Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Selasa (31/10/2017).

Diakuinya, penerapan sistem ini setelah pihaknya melakukan studi banding ke Pemerintahan Kota Bandung, di mana tujuannya adalah untuk merangsang peningkatkan produktivitas kerja ASN. Sekaligus terkontrolnya pencapaian target dan penggunaan anggaran dalam program yang mereka jalankan.

“Untuk belajar sistem pengganjian ini, selain melakukan studi banding sekarang kita langsung mendatangkan pemateri dari sana (untuk sosialisasi, red),” tambah Gubri.

Sebagai awal dari keseriusan kebijakan ini, Pemprov Riau mulai melakukan sosialisasi single salary system kepada pucuk pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) yakni pejabat-pejabat tinggi pratama di lingkungan Pemprov Riau.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: