20 Februari 2019
Home / Spesial Riau / Pelantikan gubri lewati AMJ, harus ada Plh atau PJ meski hitungan jam

Pelantikan gubri lewati AMJ, harus ada Plh atau PJ meski hitungan jam

Ahmad Syah Harrofie.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Kapan tepatnya Gubernur dan Wakil Gubernur Riau terpilih dilatik masih menunggu kepastian dari Pemerintah Pusat.

Meski Mendagri Tjahjo Kumolo memberikan bocoran bahwa pelantikan Gubernur Riau terpilih akan dilaksanakan pada 20 Februari mendatang. Namun hal tersebut belu bisa menjadi pegangan karena belum berbentuk surat, hanya berupa pernyataan lisan yang disampaikan oleh Mendagri dalam acara Rakornas Kehumasan dan Hukum Tahun 2019 di Hotel Bidakara Jakarta, Senin (11/2/2019).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Asisten I Setdaprov Riau, Ahmad Syah Harrofie mengatakan, sesuai aturan jabatan yang akan ditinggalkan oleh Wan Thamrin tersebut tidak boleh mengalami kekosongan pemimpin.

Sehingga, apabila gubernur terpilih belum dilantik pada tanggal 19 Ferbuari, maka pemerintah harus menunjuk pelaksana harian (Plh) atau Penjabat (Pj) Gubernur Riau.

“Walau selisihnya cuma hitungan jam, kalau pelantikannya lewat dari akhir masa jabatan gubernur sebelumnya, ya harus ditunjuk Plh atau Pj nya oleh Mendagri. Tidak boleh ada kekosongan,” kata Ahmad Syah, Selasa (12/2/2019).

Ahmad Syah melanjutkan, bahwa pada prinsipnya Pemprov Riau belum bisa memberikan keterangan sebelum menerima kawat resmi dari Kemendagri yang menyebutkan tanggal pasti pelantikan bagi pucuk pemimpin di Bumi Melayu tersebut.

“Kita tunggu saja, apakah itu tanggal 19 Februari langsung dilantik atau tanggal 20 Februari. Atau di luar tanggal itu,” pungkasnya.***

Pewarta: Ilva

Komentar
%d blogger menyukai ini: