Home / Spesial Riau / ORI: Pelayanan publik Pemprov Riau di zona aman

ORI: Pelayanan publik Pemprov Riau di zona aman

Ketua Ombudsman RI Perwakilan Riau, Ahmad Fitri.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Kepatuhan terhadap penyelenggaraan pelayanan publik yang ada di jajaran pemerintah Provinsi Riau, berdasarkan pada komponen standar pelayanan, berada di Zona Hijau. Penilaian ini disampaikan Ketua Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Riau, Ahmad Fitri.

“Untuk Provinsi Riau, tingkat kepatuhannya tinggi, sehingga berada di zona hijau,” ucap Ahmad Fitri di Pekanbaru, Rabu (31/5/2017).

Sementara pelayanan publik di kabupaten/kota masih berada dalam zona kuning, atau dengan kata lain tingkat kepatuhan sedang, seperti Pemerintahan Kota Pekanbaru dan Dumai serta Kabupaten Siak dan Indragiri Hilir

Dipaparkan oleh mantan wartawan media cetak di Riau ini, beberapa komponen standar pelayanan penyelenggaraan pelayanan publik ini diantaranya ialah dasar hukum, persyaratan, sistem mekanisme dan prosedur, jangka waktu penyelesaian, biaya atau tarif, produk pelayanan, serta sarana, parasarana fasilitas.

“Kemudian selain itu, terdapat juga standar pelayanan terhadap kompetensi pelaksana, pengawasan internal, penanganan pengaduan, jumlah pelaksana, jaminan pelayanan, jaminan keamanan serta evaluasi kinerja pelaksana,” tambahnya.

Selain itu, lanjutnya, penyelenggara pelayanan publik juga berkewajiban untuk menyusun, menetapkan dan mempublikasikan maklumat pelayanan, kemudian menempatkan pelaksana yang kompeten, menyediakan sarana, prasarana, dan fasilitas pelayanan publik serta melaksanakan pelayanan sesuai dengan standar pelayanan.

“Sedangkan masyarakat berhak untuk mengetahui standar pelayanan, mengawasi pelaksanaan standar pelayanan, kemudian mendapat tanggapan terhadap pengaduan yang diajukan, mendapatkan advokasi, perlindungan atau pemenuhan layanan, serta berhak untuk memberikan pengaduan kepada pimpinan penyelenggara untuk memperbaiki pelayanan apabila pelayanan yang diberikan tidak sesuai standar,” pungkas Ahmad Fitri.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: