23 Januari 2018
Home / Spesial Riau / Organda Riau imbau pengusaha bus utamakan keselamatan pemudik

Organda Riau imbau pengusaha bus utamakan keselamatan pemudik

Bus Halmahera saat hendak keluar dari Terminal Bandar Raya Payung Sekaki, Pekanbaru.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Jelang musim mudik dan balik lebaran Idul Fitri 1438 hijriah, Organisasi Angkutan Darat (Organda) Provinsi Riau mengimbau bagi pengusaha bus terutama angkutan Antar Kota Antar Provinsi, untuk melakukan pengecekan terhadap armada yang mereka miliki.

“Utamakan keselamatan pemudik, seperti yang diminta dalam ramp check,” kata Ketua Organda Riau Muhammad Nasir, Senin (12/6/2017), sebagaimana dilansir Antara.

Nasir mengungkapkan, bahwa hingga kini masih ditemukan belasan bus AKAP yang belum mengindahkan semua unsur standar keamanan dan kelayakan, seperti unsur teknis yang meliputi sistem penerangan, sistem pengereman, dan kelaikan ban depan dan ban belakang kendaraan.

Lalu unsur penunjang mencakup spidometer atau alat pengukur kecepatan, kemudian sabuk keselamatan pengemudi, kaca depan dan penghapus kaca depan, kaca spion, dan klakson.

Seperti diketahui, ramp check dilakukan terhadap semua unsur dari moda transportasi, karena dinilai berpengaruh terhadap keselamatan perjalanan masyarakat sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Ada tiga unsur penting dalam ramp check yakni administrasi, teknis, dan penunjang. Bila administrasi biasanya terpenuhi, tetapi kedua berikutnya pasti ada yang kurang,” ucap dia.

Dia mengaku, kedua unsur itu telah disaksikannya sendiri ketika mengikuti aparat Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau dan kepolisian setempat, melakukan inspeksi mendadak ramp check kendaraan.

“Pekan lalu, kita ramp check dan kita temukan dengan menyaksikan sendiri. Jadi kalau teknis itu, sanksi berupa tilang dan dilarang beroperasi,” tuturnya.

“Sedangkan pelanggaran unsur penunjang, diberikan catatan untuk segera melengkapi dan memenuhi persyaratan yang kurang. Setelah itu, baru boleh beroperasi,” tegas Nasir.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: