Home / Spesial Riau / Mendagri buka Rakornas Camat Wilayah Barat di Pekanbaru

Mendagri buka Rakornas Camat Wilayah Barat di Pekanbaru

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (tiga dari kiri) saat menghadiri Rakornas Camat Wilayah Barat di Hotel Arya Duta, Pekanbaru. (Kredit Foto: Humas Pemprov)

Pekanbaru (RiauNews.com) – Ratusan camat tampak menyesaki acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Camat Indonesia Wilayah Barat, yang berlangsung di Hotel Arya Duta, Pekanbaru Kamis (16/11/2017).

Acara yang bertemakan “Peran Strategis Camat dalam Inovasi Pelayanan Publik & Pembinaan Serta Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah” ini, dibuka oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Dalam sambutannya, Menadgri berharanp fungsi camat bisa dikembalikan seperti semula.

“Peran strategis camat sebagai inovator pelayanan publik dan pembina serta pengawas penyelenggaraan pemerintahan desa untuk dapat menciptakan ruang lingkup pemerintahan yang transparan dan bebas korupsi,” ungkap Tjahjo.



Selain itu, menteri yang berasal dari partai PDI-P ini meminta kepada para kepala derah dan camat di seluruh Indonesia untuk meningkatkan pengawasan penyaluran dan penggunaan dana desa dari pemerintah pusat. Karena hingga kini masih ada laporan penggunaan dana desa yang belum tepat sasaran sehingga tidak berdampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat desa.

Adapun alasan pemilihan Provinsi Riau sebagai Tuan Rumah Rakornas ini karena letaknya yang strategis.

“Selain dekat dengan negara tetangga, Provinsi Riau juga merupakan wilayah penopang ketahanan dan pertahanan Indonesia,” ungkap Tjahjo.

Turut hadir dalam Rakornas ini Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Ditjen Bina Administrasi Wilayah Kemendagri Eko Subowo, Ketua DPRD Riau Septina Primawati, Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi, dan unsur Forkopimda.*** (mcr)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: