23 Oktober 2018
Home / Spesial Riau / Lanud RSN kerahkan jet tempur F16 pantau karhutla di Riau

Lanud RSN kerahkan jet tempur F16 pantau karhutla di Riau

Pesawat tempur F16 jelang lepas landas di Lanud Rusmin Nurdjadin, Pekanbaru.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Beberapa pekan belakangan, wilayah Riau jarang turun hujan karena adanya konversi udara yang terjadi akibat badai tropis di wilayah Filiphina.

Seiring hal tersebut, keberadaan titik panas juga terpantau yang mengindikasi adanya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Untuk itu Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin mengerahkan jet tempur F16 dari Skadron Udara 16 guna memantau keberadaan titik panas sekaligus dilakukakan bersamaan dengan latihan rutin.



“Sejatinya pesawat tempur F16 tersebut menggelar patroli udara dan latihan tempur udara rutin di wilayah Provinsi Riau. Namun, beberapa hari terakhir cuaca cukup ekstrem sehingga TNI AU yang merupakan bagian dari Satgas Karhutla menilai perlu terlibat aktif dalam pencegahan serta penanggulangan bencana tahunan tersebut,” terang Komandan Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin, Letkol Pnb Nur Alimi di Pekanbaru, Kamis (26/10/2017).

Dalam menggelar patroli udara tersebut, pilot akan memantau serta melakukan pengecekan tentang adanya hot spot sesuai dengan informasi yang disampaikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: