18 Agustus 2018
Home / Spesial Riau / KY proses tujuh hakim di Riau pelanggar kode etik

KY proses tujuh hakim di Riau pelanggar kode etik

Pekanbaru (RiauNews.com) – Sejumlah hakim yang bertugas di pengadilan Provinsi Riau dan Riau Kepulauan dilaporkan masyarakat ke Komisi Yudisial (KY) Penghubung Riau, karena diduga melakukan pelanggaran kode etik.

Namun dari sekian banyak laporan yang masuk, hanya tujuh yang dilengkapi dengan bukti-bukti sehingga bisa diproses dan ditindaklanjuti.

“Meski begitu, kami tetap akan menerima laporan masyarakat dan juga memantau berbagai persidangan di pengadilan tingkat pertama dan kedua di Riau,” kata Koordinator KY Penghubung Riau, Hotman Parulian Siahaan, Kamis (02/11/2017).



Dijelaskan Hotman, Riau termasuk daerah yang tinggi pelaporan dugaan pelanggaran kode etik oleh haki, yakni peringkat delapan se-Indonesia dan nomor dua di Sumatera.

Sementara, menurut Komisioner KY Pusat Sumartoyo, secara nasional ada 1700 laporan yang masuk terkait hakim tahun 2017 ini. Namun dari jumlah itu hanya tujuh persen saja yang ditindaklanjuti karena terkait bukti-bukti tersebut.

“Jumlah laporan 1700 lebih, tapi hakimnya bisa tiga, ada juga yang enam darei pengadilan negeri dan pengadilan tinggi. Yang ditindaklanjuti hanya tujuh persen,” ungkapnya.

Pihaknya mendalami laporan terkait adanya putusan yang “nyeleneh” yang diduga akibat ada prilaku yang tak beres juga. Akhirnya setelah didalami direkomendasikan ke Mahkamah Agung hingga tahun ini ada tiga hakim yang sudah dipecat. Diantaranya ada yang suap,” jelasnya.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: