Home / Spesial Riau / Kuantan Singingi / Hutan Lindung di Kuansing akan dioptimalkan pengelolaannya

Hutan Lindung di Kuansing akan dioptimalkan pengelolaannya

Bupati Kuantan Singingi, Mursini.

Taluk Kuantan (RiauNews.com) – Kabupaten Kuantan Singingi yang berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat dan Jambi, serta dengan Kabupaten Kampar, Pelalawan dan Indragiri Hulu, memiliki kawasan hutan lindung dengan ratusan jenis flora dan fauna di dalamnya.

Kekayaan alam ini sebenarnya bisa dioptimalkan dengan pengelolaan yang baik sehingga bisa menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan, yang ingin menikmati keindahan alam.

Bupati Kuansing Mursini menyebut, di daerah yang dipimpinnya tersebut Kawasan Hutan Suaka Marga Satwa Bukit Rimbang dan Bukit Baling berada di Kecamatan Singingi Hilir menjadi prioritas.

“Kedua hutan lindung tersebut berada di perbatasan langsung dengan Kampar dan Pelalawan, jika terabaikan maka berdampak kepada menyempitnya kawasan itu karena dikelola oleh berbagai pihak yang tidak bertanggungjawab,” sebut Bupati.

Bupati Mursini langsung menyampaikan dukungan terhadap pengelolaan suaka marga satwa tersebut, saat memberikan pandangan dalam acara konsultasi publik dokumen penataan blok dan rencana pengelolaan hutan yang diselenggarakan di Kantor Bappeda Provinsi Riau.

“Karena bukit ini merupakan tempat flora dan fauna bernaung, selain tentunya sebagai sumber oksigen mahluk hidup di dunia ini,” sebut Bupati.

Kabupaten Kuantan Singingi memang banyak memiliki aset berupa hutan lindung seperti Hutan Lindung Bukit Betabuh dari Kecamatan Kuantan Mudik sampai Pucuk Rantau, Hutan Lindung Sumpu di Hulu Kuantan, Hutan Lindung Sentajo di Sentajo Raya, Hutan Lindung Jake di Kuantan Tengah dan hutan Suaka Marga Satwa Bukit Rimbang dan Bukit Baling.***

Baca Juga

Frustasi penyakit tak sembuh-sembuh, pria setengah abad gantung diri

Teluk Kuantan (RiauNews.com) – Warga Desa Petapahan Kecamatan Gunung Toar, Kabupaten Kuantan Singingi, pada Jumat ...

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: