25 Februari 2018
Home / Spesial Riau / KPK-Pemprov Riau gelar training partisipasi publik pencegahan korupsi

KPK-Pemprov Riau gelar training partisipasi publik pencegahan korupsi

Sekdaporv Riau Ahmad Hijazi.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Provinsi Riau dalam beberapa tahun ini belakangan ini menjadi salah satu daerah yang terus dimonitoring oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Apalagi semenjak tiga orang gubernur provinsi ini –Saleh Djasit, Rusli Zainal dan Annas Maamun– kerap berurusan dengan lembaga anti rasuah dan akhirnya menjadi pesakitan di lembaga pemasyarakatan.

Untuk itu, KPK bersama Pemerintah Provinsi Riau menggelar Training Partisipasi Publik Dalam Pencegahan Korupsi, di Hotel Alpha Pekanbaru, Rabu (14/6/2017).

Hadir dalam Acara tersebut Sekretaris daerah Provinsi Riau Ahmad Hijazi, Tim dari Koordinasi, Supervisi dan Pecegahan (Kosupgah) KPK RI, Junaidi, Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Yogi Getri, Koordinator Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Riau, Usman serta Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Prrovinsi Riau.

Sekdaprov Riau Ahmad Hijazi yang mewakili Gubernur Riau dalam sambutannya mengatakan, bahwa korupsi merupakan persoalan akut yang sulit untuk diberanstas. Pencegahan korupsi bukan semata menjadi tanggung jawab dari penyelenggara negara semata, akan tetapi diperlukan peran masyarakat.

“Prinsip keterbukaan di negara demokrasi ini memberikan hak kepada masyarakat untuk memperoleh informasi yang benar, jujur tidak diskriminatif mengenai pencegahan tindak pidana korupsi, dibutuhkan peran serta masyarakat dalam memberikan pengawasan dan pengendalian dengan kontrol sosial di masyarakat,” tambahnya.

Ahmad Hijazi berharap dengan adanya training ini, semua pihak terkait baik dari pemerintah, komunitas anti korupsi serta masyarakat lebih aktif, dalam upaya peningkatan tugas pencegahan tindak pidana korupsi.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: