23 Januari 2018
Home / Spesial Riau / Kota Pekanbaru / Urbanisasi ke Pekanbaru pasca Idul Fitri tahun ini menurun

Urbanisasi ke Pekanbaru pasca Idul Fitri tahun ini menurun

Bus Putra Pelangi menurunkan penumpang di Pekanbaru.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Lesunya perekonomian nasional yang juga berdampak hingga ke Provinsi Riau, yakni dengan banyaknya perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK), membuat arus urbanisasi ke Kota Pekanbaru turut menurun.

Hal ini seperti yang diutarakan pengamat ekonomi dari Universitas Riau, Prof HB Isyandi, dimana dibanding tahun sebelumnya, pasca Idul Fitri 1438 Hijriah/2017 ini, jumlah pendatang yang masuk ke Kota Bertuah cenderung menurun.

“Penurunan ini terjadi antara lain lebih akibat lesunya pertumbuhan ekonomi nasional dan berdampak juga ke Riau,” kata HB Isyandi dalam keterangannya di Pekanbaru, Kamis (6/7/2017).

Menurut Isyandi yang juga Ketua Jurusan Ilmu Ekonom, Fakultas Ekonomi Universitas Riau itu, lesunya pertumbuhan ekonomi ditandai dengan banyak perusahaan di Batam, Tanjung Pinang, Balai Karimun dan daerah lainnya tutup.

Bahkan, katanya lagi, sejumlah media cetak di Provinsi Riau cenderung merumahkan karyawan dan wartawan mereka karena bantuan APBD dari kabupaten dan kota di Riau juga sudah menurun.

“Terjadinya pemutusan hubungan kerja bagi sejumlah perusahaan maka mengakibatkan masyarakat menjadi cerdas, dan akan berfikir berulangkali untuk membawa kerabatnya ke Pekanbaru,” katanya.

Sehingga dalam kondisi ekonomi yang lesu ini untuk memberi nafkah keluarganya saja sudah sulit apalagi jika ingin membawa kerabat ke kota dan ini justru akan menambah beban keuangan mereka.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: