Home / Spesial Riau / Kota Pekanbaru / UIN Suska Berdonor sukses kumpulkan puluhan kantong darah

UIN Suska Berdonor sukses kumpulkan puluhan kantong darah

Mahasiswa UIN Suska Riau antusias mengikuti kegiatan donor darah. (Kredit: istimewa)

Pekanbaru (RiauNews.com) – Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau kembali mengadakan acara rutin donor darah dengan tajuk “UIN Suska Berdonor”.

Acara yang berlangsung pada Senin (4/12/2017) lalu ini terbuka untuk umum, sehingga masyarakat yang berada di sekitar kampus juga bisa berpartisipasi menyumbangkan darahnya.

Kegiatan ini dilakukan oleh pihak Palang Merah Indonesia (PMI) yang melibatkan mahasiswa-mahasiswa UIN Suska yang bergabung di PMI tesebut.

UIN Suska Berdonor ini dilakukan setiap sebulan sekali, dalam setiap kegiatan darah yang bisa dikumpulkan 25-30 kantong.

“Ini karena keterbatasan waktu, dan darah tersebut tidak bisa terlalu bertahan lama jika tidak pada tempatnya atau wadah khusus menyimpanan darah,” kata dr Tanya Febrina dari PMI.

Jika pendonor ingin mendonorkan darahnya lagi, menurut dr Tanya, mereka harus menunggu waktu selama 60 hari atau 2 bulan lamanya. Sedangkan batasan usia bagi pendonor adalah 17 hingga 60 tahun.

“Harapannya, kegiatan rutin ini bisa ditingkatkan menjadi dua kali sebulan dan lebih banyak mahasiswa yang berpartisipasi,” tutup dr Tanya.

Sementara itu salah seorang pendonor, Indah Handayani mahasiswa Fekonsos, mengatakan bahwa dia merasa lebih bahagia setelah melakukan kegiatan ini.

“Jangan pernah takut untuk melakukan donor darah ini karena belum keren rasanya jika kita belum bisa melakukan hal yang bermanfaat bagi orang lain seperti donor darah ini,” kata Indah.

“Banyak hal yang belum pernah diketahui tentang kesehatan, setelah bergabung di PMI ini saya sedikit banyaknya tahu tentang kesehatan, dan juga PMI ini bisa mewujudkan motto hidup saya yakni saya bahagia bila saya bermanfaat bagi orang lain”, kata Helena Aurelia Simangongsong selaku ketua panita pelaksana.***

Fitriani Anindithaa, mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Suska Riau

Baca Juga

Wakaf salah satu solusi permasalahan ekonomi umat

Pekanbaru (RiauNews.com) – Salah satu permasalahan bangsa ini adalah permasalahan ekonomi. Islam sebagai rahmatan alamin ...

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: