Home / Spesial Riau / Kota Pekanbaru / Tiket pesawat mahal, bus jadi buruan masyarakat Riau untuk mudik

Tiket pesawat mahal, bus jadi buruan masyarakat Riau untuk mudik

Bus mil PO Makmur saat parkir di Jalan SM Amin Pekanbaru. (Foto: Youtube/RPM Channel)

Pekanbaru (RiauNews.com) – Masih tingginya harga tiket pesawat menjadi berkah bagi pengusaha otobus antar provinsi ataupun pulau. Saat ini banyak masyarakat Riau yang lebih memilih bus untuk tujuan mudik lebaran tahun ini, karena harga yang masih terjangkau.

“Saat ini sudah mulai susah untuk mendapatkan tiket bus jurusan Jakarta,” tutur Ade kepada Riaunews.com, Rabu (15/5/2019).



Ade menjelaskan, dirinya biasanya menggunakan pesawat untuk mudik ke Jakarta, namun dengan tingginya harga tiket dia saat ini melirik bus.

Baca: Duopoli Garuda Indonesia-Lion Air jadi alasan pemerintah intervensi harga tiket pesawat

“Mungkin karena masyarakat juga banyak milih bus, makanya agak susah, nih,” tambah pria yang berdomisili di Jalan SM Amin Pekanbaru ini.

Banyaknya masyarakat yang beralih ke moda angkutan darat juga dibenarkan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau, M Taufiq, namun pihaknya masih menginventarisir hal tersebut.

“Tentunya ada pengaruhnya, namun ini masih perkiraan. Jika sebelumnya menggunakan jalur udara, beralih ke jalur darat,” paparnya, Rabu (15/5).

Baca: Menhub datang, Terminal BRPS mendadak ramai

Mengantisipasi lonjakan permintaan untuk angkutan darat, pihak Dishub Riau akan melakukan pendataan dan menginventarisir kondisi moda angkutan mudik dan ketersediaan armadanya.

Dibandingkan beberapa tahun sebelumnya di mana masyarakat cenderung memilih moda angkutan udara, terutama tujuan Pulau Jawa, namun dengan tingginya harga tiket saat ini diprediksi akan merubah kebiasaan tersebut.

Untuk itu pihaknya telah berkoordinasi dengan stakeholder terkait dan mendapatkan laporan sementara dimana terjadi peningkatan jumlah penumpang moda transportasi darat.***

Pewarta: Ilva

Komentar
%d blogger menyukai ini: