Home / Spesial Riau / Kota Pekanbaru / Ternyata 1.550 penghuni Lapas Pekanbaru hanya dijaga tujuh orang

Ternyata 1.550 penghuni Lapas Pekanbaru hanya dijaga tujuh orang

Lapas Pekanbaru.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Pekanbaru saat ini sudah jauh diatas kapasitas yang semestinya. Di mana dari 1.550 penghuni lapas saat ini hanya dijaga oleh tujuh orang saja. Hal ini menuntut para petugas pengamanan untuk memiliki kepekaan dan integritas yang tinggi dalam menjalankan tugasnya.

Kenyataan tersebut seperti diungkapkan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau Dewa Putu Gede Kakanwil, kepada wartawan jelang sidang etik kepada para penjaga lapas, di mana ada napi yang kabur di tempat mereka bertugas.

“Lapas di Riau sudah over kapasitas. Sepreti di Lapas Pekanbaru yang hanya memilkiki tujuh penjaga untuk mengamankan 1.550 penghuni,” katanya.

Terkait rasio antara petugas pengamanan dan penghuni lapas yang sangat timpang ini Kakanwil meminta agar seluruh pegawai Lapas Kelas IIA Pekanbaru difungsikan untuk pengamanan dengan cara bergiliran selama 24 jam setiap hari baik hari kerja maupun hari libur untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kakanwil juga memerintahkan agar setiap orang yang masuk ke dalam lapas digeledah, termasuk para pegawai, gunamengantisipasi masuknya barang-barang yang terlarang ke dalam lapas.

“Saya minta semua yang masuk ke lapas digeledah, kalau ada pegawai yang tidak mau digeledah laporkan,” tegas Dewa Putu.***

Baca Juga

Hingga H-38, peserta PRB FKIP UR 2018 tembus 900 orang

Pekanbaru (RiauNews.com) – Hingga H-38 pelaksanaan Pekan Raya Biologi (PRB) 2018 yang ditaja oleh Himpunan ...

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: