Home / Spesial Riau / Kota Pekanbaru / Tak kapok, Pemko Pekanbaru tetap lirik pihak ketiga untuk tangani sampah

Tak kapok, Pemko Pekanbaru tetap lirik pihak ketiga untuk tangani sampah

Sampah di Simpang Tabek Gadang, Panam, Pekanbaru masih sering menumpuk hingga siang. (Kredit Foto: Ilva/Riaunews.com)

Pekanbaru (RiauNews.com) – Meski mendapat sorotan dari banyak pihak karena dibayangi kegagalan pengelolaan sampah oleh pihak swasta, Pemerintah Kota Pekanbaru akan terus mempertimbangkan pihak ketiga soal penanganan kebersihan kota.

Wali Kota Firdaus mengatakan, pada 2018 nanti diharapkan penanganan sampah sudah dilakukan pihak swasta dengan pertimbangan kurangnya kemampuan Pemko dalam menyediakan anggaran untuk masalah ini.

“Alasan utama pertimbangan tersebut adalah untuk meningkatkan pelayanan pengangkutan sampah di Kota Pekanbaru. Selain itu Pemko cukup kesulitan untuk mengatasi masalah sampah, mengingat anggaran yang ada sangat terbatas,” kata Firdaus, Rabu (13/9/2017).

Akibat kekurangan anggaran, Pemko Pekanbaru melalui Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup (DLHK) tidak memiliki cukup armada, selain kekurangan tenaga dalam mengatasi sampah.

“Kita tidak mampu membeli armada yang harganya sangat mahal, begitu juga dengan perawatannya,” ujarnya.

Sementara itu, pada tahun 2017 ini, ia mengatakan upaya paling cepat yang bisa dilakukan Pemkot Pekanbaru adalah menambah armada mobil angkut sampah dengan sistem sewa.

Rencananya pada APBD Perubahan 2017 ini, Pemko menganggarkan dana sebesar Rp4 miliar untuk menyewa 50 mobil angkut sampah dari kebutuhan total 150 unit.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: