Home / Spesial Riau / Kota Pekanbaru / Siap-siap, pelanggar Perda bisa dihukum kurungan

Siap-siap, pelanggar Perda bisa dihukum kurungan

PKL Pasar Arengka kerap membandel dengan berjualan di jalur lambat.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Warga masyarakat kerap menganggap enteng pelanggaran yang dilakukan terhadap peraturan daerah, karena selama ini penegakan terhadap Perda tersebut masih bersifat persuasif.

Namun kedepannya tidak lagi. Kepala Satpol PP Pekanbaru, Zulfahmi Adrian menyebutkan, warga masyarakat ataupun aparatur sipil negara (ASN) yang melanggar akan dikenakan denda ataupun hukuman dengan jeratan tindak pidana ringan (Tipiring).

“Penegakan hukum secara persuasif dan preventif yang dilakukan selama ini tak meberikan efek jera, sehingga cendeerung terjadi pengulangan pelanggaran,” kata Zulfahmi.



Penerapan Tipiring tersebut nantinya melibatkan enam Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Satpol PP Kota Pekanbaru, di mana setiap pelanggar akan langsung diproses dan diterapkan sanksi berupa denda maupun kurungan yang ditentukan oleh hakim.

Sebagai langkah awal, pihaknya akan memberlakukan Tipiring kepada para pedagang kaki lima (PKL) yang beberapa kali telah ditertibkan oleh petugas. Di antara PKL yang ditargetkan untuk dijerat Tipiring adalah mereka yang berjualan di depan Pasar Pagi Arengka, pasar jongkok dan lainnya.

Selain itu, tempat hiburan malam yang beroperasi diatas jam yang ditentukan, wanita tuna susila, hingga oknum aparatur yang kedapatan indisipliner.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: