Home / Spesial Riau / Kota Pekanbaru / Selama 2017 PAD Pekanbaru naik 27 persen

Selama 2017 PAD Pekanbaru naik 27 persen

Kepala Bapenda Pekanbaru, Azharisman Rozie

Pekanbaru (RiauNews.com) – Kerja keras yang digiatkan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru sepanjang 2017 membuahkan hasil yang cukup memuaskan. Dibanding tahun sebelumnya, terjadi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar 27 persen, yakni menyentuh angka Rp548 miliar.

Seperti yang diungkapkan Azharisman Rozie selaku Kepala Bapenda Kota Pekanbaru, bahwa kenaikan yang cukup signifikan ini tak lepas dari kerja keras seluruh jajarannya meningkatkan kesadaran terhadap pajak pada masyarakat. Bahkan dia yakin pada 2018 mendatang hasilnya akan jauh lebih besar.



“Saya yakin 2018, jumlah PAD kita akan kembali meningkat. Karena selama ini kita telah memberikan sosialisasi, pembelajaran dan sanksi tegas terhadap wajib pajak yang lalai membayarkan kewajibannya. Sistem yang kita bangun juga sudah berjalan, jadi ditahun depan kami optimis PAD pajak kembali meningkat,” kata Rozie.

Disebutkan, pencapaian PAD tahun ini berasal dari dua kategori, yakni pajak dan retribusi.

Objek pajak yang menjadi tanggung jawab langsung Bapenda Pekanbaru ada sebelas, yang wajib dipungut setiap tahunnya. Sementara retribusi, tanggung jawab OPD yang bersangkutan.

“Misalnya retribusi parkir tepi jalan umum itu adalah tanggung jawab Dinas Perhubungan, perzinan di DPMPTSP dan sebagainya,” Rozi menjelaskan.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: