19 Desember 2018
Home / Spesial Riau / Kota Pekanbaru / Polda Riau setuju Kampung Dalam jadi kawasan Cagar Budaya

Polda Riau setuju Kampung Dalam jadi kawasan Cagar Budaya

Kelurahan Kampung Dalam, Pekanbaru selama ini dikenal sebagai “Kampung Narkoba”.

Pekanbaru (RiauNews.com) – kelurahan Kampung Dalam yang terletak di Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru, selama ini dikenal dengan istilah “Kampung Narkoba”, karena banyaknya para bandar yang berada dan sering ditangkap polisi di kawasan tersebut.

Untuk menghapus stigma negatif tersebut, Pemerintah Provinsi Riau berencana untuk menjadikan kawasan Kampung Dalam menjadi Cagar Budaya. Dan, ini mendapat respon positif dari Kepolisian Daerah Riau.

“Kita setuju dengan rencana pemerintah tersebut, asal tujuannya demi kemaslahatan dan kebaikan masyarakat,” kata Direktur Ditresnarkoba Polda Riau, Kombes Pol Hariono, Kamis (19/10/2017).



Menurutnya, rencana tersebut sama dengan halnya dengan Kampung Ambon dan Kalijodo di Jakarta yang saat ini sudah aman dan tak lagi “menyeramkan” seperti dulu.

Diakui oleh Kombes Hariono, Kampung Dalam hingga saat ini masih menjadi target operasi dan dilakukan pengungkapan rutin di sana. Tiap pekan, katanya Ditresnarkoba Polda Riau dan Satuan Resnarkoba Kepolisian Resor Pekanbaru bergantian mengungkap kasus narkoba di sana.

Akan tetapi, pihaknya mengalami kesulitan karena narkoba di sana sudah diecer dan sistem transaksinya tidak bertemu muka. Itu dilakukan dengan transfer dan barang diletakkan di suatu tempat seperti tong sampah lalu dijemput.

“Bahkan anak-anak kecil juga jadi mata-mata melihat polisi. Kalau saya lewat ke sana mereka sudah tahu. Kampung Dalam itu akan bersih tergantung masyarakatnya, kalau polisi saja kerja dan masyarakat masih memberi peluang tidak bisa,” ungkapnya.***

Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: