19 November 2018
Home / Spesial Riau / Kota Pekanbaru / Perusahaan yang ikut job fair didesak umumkan nasib pelamar

Perusahaan yang ikut job fair didesak umumkan nasib pelamar


Pekanbaru (RiauNews.com) – Perusahaan yang ikut dalam Job Fair pada 17-18 April 2018 lalu diminta untuk mengumumkan tindak lanjut dari lowongan yang mereka buka bagi pelamar.

Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) mengingatkan hal ini karena laporan tersebut bersifat wajib, sebagai bahan evaluasi bagi Disnaker.



“Kita mau evaluasi soal job fair itu. Apakah memang berhasil atau malah tidak ada penerimaan sama sekali,” ucap Kepala Disnaker Kota Pekanbaru Johny Sarikoen, Rabu (9/5/2017).

Dijelaskan Johny jumlah pencari kerja yang terdaftar di kantor tersebut pada tahun 2017 berjumlah 7.722 orang. Ia merincikan jumlah tersebut berdasarkan 3.897 orang pria dan 3.825 wanita.

Sedangkan laporan perusahaan ini nantinya akan menjadi bahan evaluasi Disnaker apakah dari 845 lowongan kerja dari 15 perusahaan tersebut sudah terisi atau tidak. Sementara selama dua hari kegiatan job fair jumlah pencaker yang ikut hanya 1.607 orang.

Johny melanjutkan, jika dibandingkan antara jumlah pencari kerja dengan 845 lowongan dari 15 perusahaan yang tersedia saat itu memang termasuk masih sangat kurang. Kendati demikian ia menilai bahwa hal ini adalah salah satu upaya dari pihak Pemko dalam mengurangi jumlah pengangguran yang ada di daerah tersebut.

Kembali ke soal pelaporan oleh perusahaan, Johny menyebutkan hal ini juga sebagai cara dari Pemko Pekanbaru dalam pendataan para pencaker terkait kualifikasi tiap individu. Hal ini berkenaan dengan kualifikasi ataupun “passinggrade” yang ditentukan oleh tiap perusahaan yang ikut serta dalam kegiatan job vair tersebut.

Nantinya dalam pelaporan tersebut akan terungkap penyebab gagalnya seorang pencari kerja Pekanbaru dalam bursa kerja. Sehingga kedepannya akan diberikan pelatihan dalam hal peningkatan kualifikasi dan individu tersebut.

Ia berharap dari pelaporan tersebut akan ada evaluasi terkait keefektifan dari job vair tersebut terhadap masyarakat. Sehingga kedepannya kegiatan serupa akan lebih mampu menyerap tenaga kerja baik yang merupakan fresh graduate maupun yang telah berpengalaman.***(Antara)

Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: