Home / Spesial Riau / Kota Pekanbaru / Pengelola terminal BRPS temukan bus AKAP tak laik jalan

Pengelola terminal BRPS temukan bus AKAP tak laik jalan

Petugas dari Dinas Perhubungan saat melakukan pemeriksaan terhadap ban roda dari bus yang digunakan untuk Angkutan Lebaran. (Kredit Foto: Antara)

Pekanbaru (RiauNews.com) – Jelang musim mudik lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah ini, ternyata masih ada pengusaha bus yang tetap menjalankan armadanya, meski tak laik jalan. Seperti yang ditemukan pengelola terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS) Kota Pekanbaru, pada salah satu bus dari Pulau Jawa dengan tujuan Kota Medan, Sumatera Utara, Selasa (13/6/2017) kemarin.

“Bus tersebut tak lain jalan terutama saat diperiksa di bagian ban, namun ternyata bus tersebut ada ban cadangan, sehingga kita perintahkan untuk menggantinya,” kata Kepala Terminal BRPS Kota Pekanbaru, Achmad Juli Wira Bakti.

Usai ban tersebut diganti, barulah bus tersebut diperbolehkan melanjutkan perjalanannya.

Lebih jauh, Wira mengatakan pihaknya akan terus intensif melakukan pemeriksaan setiap bus yang melintas di terminal BRPS tersebut.

“Kita harus pastikan bahwa seluruh bus yang bergerak dari Pekanbaru ini layak jalan, hingga selamat sampai tujuan,” jelasnya.

Untuk itu, dalam waktu dekat dia mengatakan akan membentuk pos pelayanan terpadu pada 15 Juni 2017 mendatang. Pos itu bertujuan untuk memaksimalkan pelayanan jasa angkutan kendaraan berpenumpang menjelang mudik lebaran.

Pengelola BRPS mencatat ada 180 kendaraan Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) yang beroperasi saat ini. Sedangkan saat arus mudik nanti diperkirakan kendaraan umum baik AKAP maupun AKDP akan meningkat hingga 300 an kendaraan. ***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: