Home / Spesial Riau / Kota Pekanbaru / Pemko Pekanbaru raih opini WTP setelah delapan tahun absen

Pemko Pekanbaru raih opini WTP setelah delapan tahun absen

Walikota Pekanbaru Firdaus saat menerima opini WTP dari BPK RI.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Pemerintah Kota Pekanbaru akhirnya mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Perwakilan Riau, setelah delapan tahun opini tersebut tak lagi singgah. Atas keberhasilan ini, Walikota Pekanbaru Firdaus tak dapat menutupi kegembiraannya.

“Alhamdullilah tahun ini Pekanbaru kembali meraih opini dari auditor negara yakni BPK RI Perwakilan Riau. Tetapi, perlu dicatat, bahwa opini WTP ini bukanlah segala-galanya,” ungkap Firdaus, Senin (12/6/2017).

Dari lima daerah yang diundang menghadiri penyerahan Laporan Hasil Pemeriksa (LHP) atas Laporan Keuangan tahun 2016, ada empat daerah yang meraih WTP dan 1 masih tetap meraih WDP.

“Dari laporan Kepala BPK RI Perwakilan Riau ada 4 Kepala Daerah mendapat WTP dan 1 WDP. Untuk itu, kami ucapkan terimakasih kepada Perwakilan BPK, team dan staf yang telah bekerja keras membimbing dan mengaudit bagaimana menyelenggaraan tata kelola keuangan dengan baik kepada kami,” tutur Firdaus.

Ditambahkan, WTP yang telah diraih oleh beberapa kabupatan/kota di Riau juga menjadi Pekerjaan Rumah yang berat bagi Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru.

Dijelaskan juga, Pemko Pekanbaru terakhir meraih WTP pada 2008 silam, dan setelah delapan tahun, barulah Pemko Pekanbaru kembali meraih opini serupa.

“Pada tahun 2008, Pemko Pekanbaru pernah mendapat WTP. Tapi kita akui tidak disiplinnya kami dalam mencatat aset dan administrasi keuangan yang akhirnya menjadi benang kusut bagi kami gagal meraih WTP. Jadi selama empat tahun, ini lah kerja keras kami dengan diganjar opini WTP oleh BPK RI Perwakilan Riau,” tambahnya.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: