16 Desember 2018
Home / Spesial Riau / Kota Pekanbaru / Pemko Pekanbaru jamin tak ada PHK dalam swastanisasi sampah

Pemko Pekanbaru jamin tak ada PHK dalam swastanisasi sampah

“Tragedi sampah” diharapkan tak terulang saat Pemko Pekanbaru kembali menyerahkan pengelolaan sampah pada pihak swasta. (Kredit: Tribunnews)

Pekanbaru (RiauNews.com) – Pemerintah Kota Pekanbaru sudah menetapkan bahwa pengelolaan pengankutan sampah pada 2018 mendatang akan dilakukan oleh pihak swasta. Hal ini sedikit banyak menimbulkan keresahan pada “pasukan kuning” yang selama ini bekerja sebagai tenaga harian lepas di Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) kota setempat yang bertanggung jawab atas kebersihan kota.

Namun kekhawatiran tersebut ditepis Kepala DLHK Pekanbaru, Zulfikri, yang mengatakan takkan ada pemutusan hubungan kerja (PHK) jika sampah nantinya sudah dikelola oleh swasta.



“Tidak ada (PHK). Kita minta pemenang tender untuk memakai tenaga kerja yang ada,” kata Zulfikri, Sabtu (16/12/2017).

Namun, mengenai gaji petugas kebersihan tersebut nantinya akan ada perubahan. Jika sebelumnya semuanya ditanggung oleh Pemkot, namun sekarang tidak lagi.

“Gaji sopir dan pengangkut sampah menjadi tanggung jawab pihak pemenang tender, sedangkan penyapu jalan masih sama kita (pemkot),” terangnya.

Saat ini, Pemkot Pekanbaru tengah menyiapkan proses lelang untuk keperluan swastanisasi sampah di ibu kota Provinsi Riau tersebut pada 2018 mendatang.***

Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: