Home / Spesial Riau / Kota Pekanbaru / Disdik: Jangan ada pengutipan uang seragam saat PSB

Disdik: Jangan ada pengutipan uang seragam saat PSB

Kadisdik Kota Pekanbaru, Abdul Jamal.

 

Pekanbaru (RiauNews.com) – Sejak Rabu (5/7/2017) sekolah negeri tingkat SD dan SMP di Kota Pekanbaru, mulai melakukan penerimaan siswa baru (PSB). Terkait hal ini, Dinas Pendidikan kota setempat, melarang semua sekolah melakukan kutipan uang seragam saat kegiatan PSB karena akan memberatkan orangtua murid.

“Kami sudah buat edaran itu ke semua sekolah dan mohon diindahkan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal.

Jamal menjelaskan penetapan uang seragam ini akan membuat orangtua terbebani saat mereka ingin memasukkan anaknya ke sekolah.

Selain juga kebijakan ini disepakati mengingat banyak keluhan dari para orantua yang memiliki anak lebih dari satu sehingga butuh biaya besar.

“Kita sudah atur tidak boleh lagi sekolah menetapkan uang seragam di awal masuk,” tegasnya.

Namun demikian sebut Jamal untuk solusi pakaian seragam ini pihaknya memberikan opsi pilihan bagi orangtua. Bisa beli sendiri atau lewat sekolah.

Sebab menurut dia ada juga beberapa orangtua yang tidak ingin direpotkan harus mencari sendiri kain dan tukang jahit sehingga tetap difasilitasi untuk mendapatkannya lewat sekolah.

“Tentunya keputusan ini akan dirapatkan dengan para orangtua murid ketika mereka sudah resmi diterima,” bebernya.

Dalam opsi pakaian seragan itu demikian Jamal mengatakan orangtua murid bebas memilih tidak ada tekanan apalagi paksaan.

“Mau beli di pasar silahkan, mau jahit sendiri boleh, pesan lewat koperasi sekolah oke. Pihak sekolah akan memberikan contoh dan model seragam yang akan digunakan,” bebernya dilansir dari Antara.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: