13 Desember 2018
Home / Spesial Riau / Kota Pekanbaru / Denda Rp2,5 juta bagi pembuang sampah sembarangan diberlakukan September nanti

Denda Rp2,5 juta bagi pembuang sampah sembarangan diberlakukan September nanti

Sampah di Simpang Tabek Gadang, Panam, Pekanbaru masih sering menumpuk hingga siang. (Kredit Foto: Ilva/Riaunews.com)

Pekanbaru (RiauNews.com) – Wali Kota Pekanbaru Firdaus mengatakan bahwa pihaknya akan menjalankan Perda Nomor 8 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Sampah secara tegas mulai September 2018. Di mana pada Perda tersebut disebutkan bahwa bagi warga yang kedapatan membuang sampah sembarangan akan dikenai denda Rp2,5 juta.

“Denda harus diterapkan supaya timbul kesadaran masyarakat,” kata Firdaus, Kamis (16/8/2018).

Dijelaskan, penerapan Perda tersebut sebenarnya sudah mulai dilaksanakan pada 1 Agustus lalu, namun belum ada sanksi sebab masih dalam tahap sosialisasi.

“Saat ini warga yang terjaring hanya dilakukan penahanan kartu tanda penduduk (KTP) dan pemeriksaan serta diminta untuk tidak mengulangi perbuatan serupa oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pekanbaru. Lalu dipersilahkan kembali pulang,” jelasnya.

Dijelaskan mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum ini, pendekatan dengan imbauan sudah dilakukan, dengan harapan munculnya kesadaran masyarakat. Tapi dinilai masih sangat rendah.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat sebut dia, perlu ada pemberian sanksi tegas sebagai efek jera dalam menjaga kebersihan kota.

Firdaus menegaskan, sanksi denda Rp2,5 juta pada awal September mendatang akan diterapkan secara tegas, dan tidak ada alasan bagi warga yang tidak mengetahuinya, sebab pihaknya telah melakukan sosialisasi sejak beberapa waktu yang lalu.***

Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: