Home / Spesial Riau / Kota Pekanbaru / Camat tahu tapi bantah menyetujui penjualan lahan pemakaman

Camat tahu tapi bantah menyetujui penjualan lahan pemakaman

Camat Payung Sekaki, Zarman Chandra.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Isu adanya usaha penjualan lahan kosong milik warga yang dilakukan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kecamatan Payung Sekaki, dibenarkan oleh Camat setempat, Zarman Chandra.

Namun Zarman membantah dirinya ikut mensetujui dan memberikan keputusan atas penjualan lahan tersebut.

“Memang waktu itu lurah dan camat diundang oleh LPM untuk membahas masalah aset lahan milik warga setempat untuk lahan perkuburan. Karena tanah itu milik masyarakat kami tidak ikut campur karena itu bukan hak kami. Tapi karena kami diundang kan tidak mungkin menolaknya. Jadi kami hanya sebatas mengetahui saja,” katanya, Senin (04/12/2017), yang diwartakan laman Riau Terkini.

Dia juga menjelaskan bahwa penjualan tanah tersebut sudah dibatalkan, yang diperkuat dengan adanya surat pernyataan bertanda tangan di atas materai bahwa tanah tersebut tidak jadi dijual.

“Tadi kami undang beberapa tokoh masyarakat serta tim 9 (pihak penjual, red), Alhamdulillah tercapai kesepakatan pembatalan penjualan tanah tersebut,” ujar Zarman.

Zarman menjelaskan, setelah pembatalan, tim 9 akan secepatnya menyerahkan surat SKGR tanah tersebut kepada masyarakat.

“Masyarakat jangan risau, secepatnya akan diserahkan. Selain itu, seluruh risiko akibat pembatalan tanah tersebut seluruhnya akan ditanggung oleh tim 9,” ujar Zarman.

Sebelumnya, pada Ahad (03/12/2017), ratusan warga melakukan pemagaran terhadap tanah yang berada di Jalan Beringin, Kelurahan Sei Sibam, Kecamatan Payung Sekaki. Tindakan ini terpaksa dilakukan setelah terungkapnya upaya LPM menjual tanah kosong yang diperuntukkan untuk pemakaman umum ini kepada pihak lain.

Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus MT saat dikonfirmasi terkait hal ini, belum mengetahui permasalahan yang terjadi. “Yang jelas tadi Pak Asisten I siap turun ke lapangan, Tanah masyarakat balekan ke Masyarakat apalagi untuk kepentingan umum seperti itu,” tegasnya.

Mereka kemudian berencana melaporkan pihak-pihak yang terkait usaha penjualan lahan tersebut kepada Wali Kota Pekanbaru, agar diambil tindakan, seperti mencopot dari posisinya.***

Baca Juga

Wakaf salah satu solusi permasalahan ekonomi umat

Pekanbaru (RiauNews.com) – Salah satu permasalahan bangsa ini adalah permasalahan ekonomi. Islam sebagai rahmatan alamin ...

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: