20 Agustus 2018
Home / Spesial Riau / Kota Pekanbaru / Bus air milik Pemko Pekanbaru kini bisa disewa Rp2,1 juta/jam

Bus air milik Pemko Pekanbaru kini bisa disewa Rp2,1 juta/jam

Bus Air Pemko Pekanbaru saat bersandar di Pelabuhan Sungai Duku.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Bus air milik Pemerintah Kota Pekanbaru yang merupakan hibah dari Kementerian Perhubungan RI, kini bisa disewa untuk bisnis, seperti membawa para wisatawan dengan tarif Rp2,1 juta per jam.

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Angkutan Perkotaan Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru Wisnu Heriyanto, penyewaan bus air ini dapat dilakukan setelah rampungnya Perwako yang mengatur hal tersebut.



“Sejak adanya perwako, kapal tersebut bisa disewa pihak lain. Untuk penyewaan itu merupakan tugas dari Dinas Pariwisata sementara Dinas Perhubungan hanya sebagai operator,” ungkapnya sebagaimana diwartakan laman Antara, Kamis (15/2/2018).

Meski demikian, lanjut Wisnu, hingga kini belum satupun pihak swasta atau wisatawan yang menyewa kapal berkapasitas 50 penumpang ini.

Seperti diketahui, bus air ini sebelumnya diperuntukkan sebagai sarana transportasi masyarakat Pekanbaru yang berada di pinggiran Sungai Siak, dengan rute mulai dari pelabuhan Sungai Duku, hingga Desa Okura, Kelurahan Tebing Tinggi Okura, Kecamatan Rumbai Pesisir. Hanya saja pada waktu itu bus air ini minim penumpang meski tarif yang dibebankan relatif terjangkau yaitu Rp15.000 untuk sekali jalan.

Sepinya penumpang bus air saat itu disebabkan adanya transportasi darat yang lebih efisien dibanding menggunakan bus air, sehingga bus ini kurang optimal pemanfaatannya ditambah lagi biaya operasional terutama untuk keperluan bahan bakar sangat besar.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: