Home / Spesial Riau / Kota Pekanbaru / Bank Indonesia sosialisasi beasiswa di UIN Suska

Bank Indonesia sosialisasi beasiswa di UIN Suska

Sosialisasi program beasiswa Bank Indonesia di Kampus UIN Suska, Pekanbaru. (Kredit: Istimewa)

Pekanbaru (RiauNews.com) – Guna lebih mendekatkan diri pada generasi muda, Bank Indonesia mengadakan edukasi sekaligus sosialisasi beasiswa Bank Indonesia Mengajar dan Generasi Baru Indonesia (GenBI), dalam acara yang dilaksanakan di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa UIN Suska Riau, Kamis (15/02/2018).

Kegiatan ini dihadiri oleh Manager Fungsi Komunikasi dan Koordinasi Kebijakan Kantor Bank Indonesia Riau Murdianto, serta Bryan ALP selaku Asisten Manager. Dalam sambutannya, Murdianto menyampaikan bahwa kedatangan mereka karena ingin sharing kepada mahasiswa.



“Kami ingin memberikan edukasi melalui Bank Indonesia Mengajar dengan menerapkan unsur terkait program beasiswa BI dan sebagai dukungan bahwa kami peduli pada sektor pendidikan,” ungkapnya.

Adapun Kriteria untuk dapat mendaftar menjadi penerima beasiswa dari BI ini, diantaranya yaitu mahasiswa aktif, telah menyelesaikan minimal 40 SKS, memiliki Indeks Prestasi (IP) minimal 3.00 (skala 4), tidak sedang menerima beasiswa lain, usia maksimal 23 tahun pada saat menerima beasiswa, Selain dari syarat diatas Bank Indonesia juga mensyaratkan mahasiswa penerima beasiswa BI diutamakan berasal dari latar belakang ekonomi kurang mampu.

Untuk bisa diterima sebagai calon penerima beasiswa mahasiswa dituntut membuat motivation Letter (dalam bahasa Indonesia), Menyertakan surat rekomendasi dari 1 tokoh (akademik atau non akademik), Memiliki minat dan pengalaman menjalankan aktivitas social yang mempunyai dampak kebermanfaatan bagi masyarakat serta bersedia berperan aktif dalam komunitas penerima beasiswa BI (Generasi Baru Indonesia/GenBI) dan berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia.

Penerima beasiswa BI merupakan mahasiswa dari program studi Ilmu ekonomi dan studi pembangunan, Manajemen/Pendidikan Ekonomi Manajemen-Akuntansi/ Pendidikan Akuntansi, Perbankan/ Ekonomi Syariah, Ekonomi Islam/ Ekonomi Syariah, Matematika / Pendidikan Matematika, Statistik, Pertanian/Perternakan/Agribisnis/Holtikultura, Sosial Ekonomi Pertanian/Sosial Ekonomi Perikanan, Ilmu hukum/ Hukum Ekonomi Syariah, Ilmu Pemerintahan, Ilmu sosial dan Ilmu politik, Komunikasi/Ilmu Komunikasi, Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Ilmu Komputer/ Informatika.

“Beasiswa yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia untuk setiap perguruan tinggi negeri yaitu kuota 50 orang ,dan dalam satu tahun setiap mahasiswa mendapat dana 1.000.000/bulan”, ujar Bryan ALP selaku asisten manager.

Tahap pengurusan penerimaan beasiswa dilaksanakan dari Januari hingga Maret. Pada Tahap ini akan ada dua tahap yaitu berkas administrasi yang dilakukan oleh pihak kampus dan tahap kedua yaitu wawancara. ***

 

Kontributor: Kenti Asih Safitri, mahasiswa UIN Suska Riau

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: