22 Agustus 2019
Home / Spesial Riau / Kota Pekanbaru / ASN gugat cerai paling banyak berprofesi guru

ASN gugat cerai paling banyak berprofesi guru

(ilustrasi)

Pekanbaru (RiauNews.com) – Sepanjang Januari hingga Oktober 2017, Pengadilan Agama Kota Pekanbaru Provinsi Riau, mencatat sebanyak 157 aparatur sipil negara (ASN) yang melakukan gugatan cerai. Ironisnya, kalangan yang terbanyak justru dari mereka yang berprofesi sebagai guru, sosok yang digugu dan ditiru.

Hal ini disampaikan Humas Pengadilan Agama Kota Pekanbaru Barmawi, Kamis (16/11/2017), namun dia menganggap angka ini masih “wajar”.

“Karena memang guru merupakan mayoritas PNS di Kota Pekanbaru,” kata Barmawi, yang sayangnya tidak mempersentasekan berapa angka perceraian di kalangan guru dibanding PNS lainnya di Kota Bertuah tersebut.



Berdasarkan data yang dihimpun dari Pengadilan Agama, mayoritas PNS yang menggugat cerai adalah perempuan. Jumlahnya mencapai 104 kasus dari 157 gugatan perceraian.

Tingginya angka perceraian kalangan PNS di Kota Pekanbaru, kata dia, disebabkan sejumlah hal. Diantaranya adalah masalah ekonomi, kekerasan dalam rumah tangga dan yang paling dominan adalah perselisihan dan pertengkaran secera terus menerus yang berunjung ke penceraian.

Ia menuturkan, sebelum memutuskan untuk menjatuhkan cerai talak maupun gugat, pihaknya terlebih berupaya melakukan mediasi. Namun sayang, upaya mediasi yang dilakukan cenderung tidak membuahkan hasil.

“Sepertinya mereka yang mengajukan permohonan cerai ini sudah mantap untuk pisah. Kita paham juga, karena untuk memutuskan mengakhiri rumah tangga tentu pertimbangan sudah dilakukan jauh-jauh hari. Bahkan bisa bertahun-tahun,” urainya.*** (antara)

Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: