Home / Spesial Riau / Kota Dumai / Pertamina didesak dukung proyek Tol Listrik

Pertamina didesak dukung proyek Tol Listrik

Pekerja sedang membangun tower listrik.

Dumai (RiauNews.com) – Jalur Tol Listrik Sumatera di Kota Dumai, Provinsi Riau, di beberapa titik harus melewati lahan milik PT Pertamina, namun pembangunan tower di kawasan tersebut saat ini terkendala karena pihak Pertamina belum mau membebaskan lahannya.

Hal ini membuat Masyarakat Peduli Listrik (MPL) Riau menyesalkan sikap BUMN perminyakan, karena dianggap tidak mendukung terwujudnya proyek nasional yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo tersebut.

“Mestinya sebagai perusahaan milik negara Pertamina tidak mempersoalkan lahannya dilewati jalur Tol Listrik,” kata Ramdhani, Koordinator MPL dalam rilisnya.

Sebagaimana diketahui saat ini pembangunan tower SUTT 150 KV sedang berlangsung di wilayah Kota Dumai, tepatnya di Kelurahan Bukit Datuk Kecamatan Dumai Selatan yang persis di atas lahan konsesi milik PT Pertamina (Persero).

Selain di lahan Pertamina, pembangunan tower juga masih terkendala oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau yang dinilai mempersoalkan jalur listrik melewati kawasan hutan.

“Masak BUMN yang hendak menggunakan tanah yang dikategorikan hutan dalam ukuran ratusan meter persegi saja, urusannya serumit dengan pengusaha yang berbisnis di atas ribuan hektar lahan yang kategori hutan,” tukasnya.

Oleh sebab itu MPL mendukung agar PT PLN tetap melanjutkan pembangunan jaringan listrik di Riau. Dia juga menyarankan agar permasalahan ini dimediasi oleh Kejaksaan Tinggi Riau.***

Baca Juga

Ombak tinggi, Feri Dumai Express tujuan Malaysia batal berlayar

Dumai (RiauNews.com) – Tingginya ombak di Selat Malaka telah mengganggu pelayaran yang dilakukan feri antar ...

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: