Home / Spesial Riau / Kota Dumai / Pelayaran di Selat Malaka dibatasi seiring cuaca buruk

Pelayaran di Selat Malaka dibatasi seiring cuaca buruk

Ombak tinggi dapat membahayakan pelayara, terutama bagi kapal-kapal kecil.

Dumai (RiauNews.com) – Tingginya gelombang di Selat Malaka yang merupakan efek dari cuaca buruk yang terjadi beberapa hari belakangan, memaksa Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Dumai membatasi kapal yang hendak berlayar, khususnya yang memiliki rute ke bagian utara selat tersebut.

Kepala Seksi Keselamatan Berlayar KSOP Dumai Barnabas F Tallu mengatakan, kondisi cuaca di laut, khususnya bagian utara Selat Malaka sejak Rabu (29/11) memburuk, dimana tinggi gelombang saat ini mencapat empat meter yang bisa membahayakan kapal-kapal berukuran kecil dan sedang.

“Rabu kemarin ombak mencapai dua meter, dan hari ini makin buruk hingga empat meter, sehingga kita tidak memberikan izin berlayar ke bagian utara selat Malaka, atau di sekitar perairan Aceh,” kata Barnabas, Kamis.

Dikutip oleh Antara, KSOP Dumai mengeluarkan edaran ke semua pengguna jasa kepelabuhanan dan nakhoda kapal, seperti kapal jenis feri, kapal tunda dan jenis kapal kecil, agar tidak berlayar sementara waktu hingga ketinggan ombak normal kembali.

“Edaran kewaspadaan ombak sudah disampaikan ke semua pengguna jasa pelabuhan, dan larangan berlayar diberlakukan hingga cuaca kembali normal,” sebutnya.

Kondisi lebih buruk bisa berlanjut hingga esok hari. Sebab dari pemantauan Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika, diperkirakan bakal muncul badai pada Jumat (1/12/2017), dengan ketinggian ombak mencapai 7 meter.***

Baca Juga

Satu Lagi Jemaah Haji Asal Dumai Meninggal Dunia Di Mekkah

Pekanbaru (RiauNews.com) –  Inalillahi waina ilaihirojiun, satu lagi Jemaah Haji asal Kota Dumai atas nama ...

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: