21 November 2018
Home / Spesial Riau / Kota Dumai / Dibantu heli Sinar Mas, BPBD Dumai padamkan karhutla

Dibantu heli Sinar Mas, BPBD Dumai padamkan karhutla

Helikopter milik Sinarmas Grup yang dikerahkan memadamkan karhutla di Riau. (Kredit: CNN)

Dumai (Riaunews.com) – Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Dumai dan satuan tugas kebakaran hutan dan lahan telah beberapa hari berjibaku memadamkan api yang menghabuskan puluhan hektar hutan di Kelurahan Bangsal Aceh, Kota Dumai, yang berbatasan dengan Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau.

Sekretaris BPBD Dumai Muhammad Ridha mengatakan bahwa satgas karhutla memadamkan api dibantu helikopter Super Puma LI dari PT Sinar Mas Forestry dengan melakukan bom air (water bombing).



“Pemadaman karhutla dibantu heli milik Sinar Mas Forestry yang sudah beberapa kali melakukan water bombing,” ungkapnya, Jumat (6/4/2018).

Ridha menjelaskan, karhutla diketahui pertama kali saat masyarakat melapor ke kelurahan setempat, di mana api mulai meluas ke lahan sempadan yang sudah dibuat sekat kanal.

Baca: APP Sinar Mas dukung Pemprov Riau dalam pencegahan Karhutla

“Pemadaman dengan heli sendiri sudah dilakuka tiga kali, yakni pada 1, 4 dan 6 April, dengan total 122 kali pengeboman,” ungkapnya.

Saat ini, tambahnya petugas mulai melakukan pendinginan di lokasi hutan terbakar, melibatkan tim terpadu dari BPBD, Damkar Pemkot Dumai, TNI Polri, regu pemadam dan serta masyarakat setempat.

Dijelaskan juga, selain membantu dengan mendatangkan helikopter, Sinar Mas Forestry juga mengerahkan dua regu darat lengkap dengan peralatan pemadaman.***

Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: