Home / Spesial Riau / Kepulauan Meranti / Kapal pengangkut sawit karam di perairan Meranti

Kapal pengangkut sawit karam di perairan Meranti

 

Selatpanjang (RiauNews.com) – Satu unit kapal pengangkut inti sawit (palm kernel) karam di Selat Rengit, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, Rabu (20/9/2019).

Informasi yang diperoleh dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas V Selatpanjang, Usman Ys, menjelaskan bahwa yang tenggelam adalah Kapal Layar Motor (KLM) Hati Mulia Abadi, dan tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.



“Kapal tersebut berangkat dari Pelabuhan Pelindo Sintete, Kalimantan Barat dengan tujuan Sungai Sembilan, Dumai Barat,” katanya.

Kapal yang memiliki Gross Tonage (GT) 297 Nomor 514 mengangkut Palm Kernel sebanyak 13.423 karung seberat 500 ton. Saat tiba di TKP yang merupakan jalur sempit, kapal yang dinahkodai Ambong diduga menabrak benda keras, sehingga mengalami kebocoran.

Sebelum kapal itu tenggelam, kapten kapal mengaku sempat memerintahkan ABK mengikat kapal di pohon bakau dan memeriksa kondisi lambung kapal. Namun pukul 18.00 WIB saat air laut naik, tali kapal yang diikatkan ke pohon bakau itu putus, hingga kapal hanyut dan tenggelam.

Atas peristiwa itu, lanjut Usman, pihaknya sudah memanggil pemilik Kapal bernama Haji Mapang. Dalam pertemuan dengan pemilik Kapal di Kantor KSOP Selatpanjang pada Kamis petang, disepakati pemindahan badan kapal dari posisi tenggelamnya.***

Baca Juga

Tiga personel polisi di Polres Meranti direkomendasikan PTDH

Pekanbaru (RiauNews.com) – Tiga personel polisi di lingkungan Kepolisian Resor Kepulauan Meranti direkomendasikan Pemberhentian Tidak ...

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: