11 Desember 2018
Home / Spesial Riau / Kampar / Pintu pelimpahan waduk PLTA Kotopanjang kembali dibuka, warga diimbau waspada

Pintu pelimpahan waduk PLTA Kotopanjang kembali dibuka, warga diimbau waspada

Pengelola PLTA Koto Panjang membuka pintu air karena tingginya debit air yang masuk.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Warga yang tinggal atau beraktivitas di sepanjang sungai Kampar diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan. Hal ini setelah pengelola waduk PLTA Kotopanjang membuka pintu air pelimpahan, efek makin meningginya elevasi air.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edwar Sanger menyampaikan warga diminta untuk bersiap-siap jika nanti terjadi banjir, karena selain air dari waduk PLTA, juga tingginya curah hujan akhir-akhir ini.



“Waduk PLTA Koto Panjang harus membuka pintunya untuk antisipasi jebolnya tanggul Pihak PLTA Koto Panjang, akan melakukan pembukaan pintu air di waduk itu karena debit air semakin meninggi. Oleh sebab itu, wilayah di sekitar Kampar harus waspada akan datangnya banjir,” kata Sanger, Rabu (5/12/2018).

Akibat dibukanya pintu PLTA Koto Panjang tersebut, diprediksi kenaikan debit air di sungai Kampar dan Kuansing sekitar 30-60 centimeter. Ketinggian ini masuk kategori awas dan waspada banjir.

Lebih lanjut, Sanger juga mengatakan pihaknya saat ini sudah melakukan koordinasi dengan Basarnas termasuk berkomunikasi dengan BPBD Kampar. Kedua instansi juga sudah bersiap-siap jika sewaktu-waktu masyarakat membutuhkan bantuan bencana. ***

Sumber: MCR

Komentar
%d blogger menyukai ini: