Home / Spesial Riau / Kampar / Pesona Candi Muara Takus

Pesona Candi Muara Takus

Candi Muara Takus. (Foto: Istimewa)

Bangkinang (RiauNews.com) – Candi Muara Takus ialah salah satu peninggalan kerajaan Sriwijaya yang berada di Kecamatan XIII Koto, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Candi Muara Takus ialah satu-satunya situs peninggalan sejarah berbentuk candi yang ada di Provinsi Riau. Beberapa ahli sejarah mengatakan, candi ini dibangun pada abad ke-4, dan ada juga yang menganggap candi ini dibangun pada abad ke-7, ke-9 dan ke-11.



Pesona candi Muara Takus ini sudah tidak di ragukan lagi keindahaannya.

Baca: Pucuk Adat Minta Temuan Situs Baru di Komplek Candi Muara Takus Terus Diekskavasi

Bangunan utama dari kompleks candi Muara Takus ini ialah sebuah stupa besar. Selain itu juga terdapat bangunan candi yang di sebut Candi Tua, Candi Bungsu, Stupa Mahligai serta Palangka. Bangunan suci ini dibuat sebagai sarana pemujaan bagi dewa-dewi agama Hindu maupun agama Buddha.

Salah seorang pengunjung bernama Feri Juliardy, mengungkapkan kegagumannya pada bangunan bersejarah tersebut.

“Candi ini sangat bagus, bersih, dan penuh dengan sejarah. Pengurus candi juga ramah terhadap para pengunjung, sehingga menambah kenyamanan,” tutur Feri, saat ditemui, Rabu (15/5/2019).

Baca: ​BPNB Kunjungi Candi Muara Takus, Yayasan Matankari Riau Dukung Jetrada

Menurut Feri, tiket masuknya pun tergolong murah, sehingga bisa terjangkau dompet dari semua kalangan.

Dia mengharapkan kepada para wisatawan yang datang agar menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Harapan saya sebagai pengunjunga kepada pemerintah kabupaten Kampar agar aset pariwisata ini dapat dikelola lebih baik lagi, supaya lebih banyak wisatawan yang datang berkunjung,” tutupnya.***

 

Artikel ini merupakan kiriman Mohammad Faqih Mahasiswa UIN SUSKA RIAU Jurusan Ilmu Komunikasi

Komentar
%d blogger menyukai ini: