21 September 2018
Home / Spesial Riau / Kampar / Amirullah Kembali Ketuai Yayasan Matankari Riau

Amirullah Kembali Ketuai Yayasan Matankari Riau

Amirullah selaku ketua terpilih untuk kali kedua di Yayasan Matankari Riau periode 2018-2023.

PEKANBARU (RiauNews.com)- Yayasan Matankari Riau kembali dipercayakan kepada Amirullah sebagai ketua Yayasan periode 2018-2023.

Banyak program Yayasan yang konsen pada pengembangan Candi Muara Takus ini yang belum terwujud seperti percepatan pembangunan museum dan Balai Adat Andiko serta Istana Puti Bungsu di Muaratakus. Selain itu juga memprogres Perda Cagar Budaya di Riau.



Yayasan Matankari adalah milik keluarga besar Siompu Niniok Datuok Ghajo Dubalai pucuk Adat Andiko 44 dan penguasa Soko Pisoko Jo Limbago Kedatuan Muotakui.

Dalam bulan puasa ini yayasan akan melantik dan memberikan sumpah setia kepada seluruh pengurus yg terpilih di komplek Muaratakus. Serta buka puasa bersama.

“Pengurus tidak banyak perubahan. Masih kelanjutan dari pengurus periode sebelumnya 2012-2018. Pada saat itu adalah masa yang berat untuk perjalanan yayasan. Insya Allah kedepan kita tetap bersinergi dengan banyak pihak bahwa yayasan Matankari merupakan perpanjangan tangan Niniok Datuok Rajo Dilubalai. Tugas pokok kita membantu para datuk adat dalam menjalankan tugas kedatuannya. Kita akan buka puasa bersama sambil disumpah di Muotakui dibulan puasa nanti. Sehingga kedatuan Muaratakus dapat kembali tempat yang layak di mata anak cucu kemanakannya. Serta membuka mata dunia atas pentingnya situs dan sistem adat kedatuan muotakui ini,” terang Amir.

Kedepan kata Amir lagi yayasan akanmengajak Bupati Kampar H Aziz Zainal SH MH dan dinas terkait serta Gubernur Riau untuk lebih memperhatikan Muaratakus secara menyeluruh. Selanjutnya yayasan juga menjalin kersama dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) bersama-sama mengungkap temuan situs baru di dalam kawasan Muaratakus.

“Namun sebelumnya kita minta dulu Perda Cagar Budaya dipercepat terwujud,” ungkap mantan penyuluh budaya kemendikbud itu.***(Tien)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: