Home / Spesial Riau / Indragiri Hulu / Keberadaan SPBU 13.294.624 di Sei Dawu Inhu dipertanyakan

Keberadaan SPBU 13.294.624 di Sei Dawu Inhu dipertanyakan

SPBU di jalur Lintas Timur Desa Sei Dawu Inhu dianggap berada di daerah rawan lakalantas. (Foto: Riau Terkini)

Rengat (RiauNews.com) – Sebuah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang berada di Jalan Lintas Timur Desa Sei Dawu, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu, dipertanyakan bagaimana bisa mendapat izin mendirikan bangunannya.

Sebab, SPBU yang bernomor 13.294.624 tersebut berada di dekat tikungan yang dinilai rawan terjadi lakalantas.



“Keberadaan SPBU ini dinilai sangat membahayakan bagi para pengendara, baik bagi yang melintas maupun yang keluar masuk di SPBU tersebut. Sebab lokasi SPBU tersebut sangat dekat dengan tikungan rawan terjadinya kecelakaan,” kata Anto, warga setempat sebagaimana dilansir situs berita Riau Terkini, Rabu (22/5/2019).

Baca: [VIDEO] Detik-detik mobil terbakar di SPBU Kotobaru dan proses pemadaman

Di tikungan tersebut, tambah Anto, kerap terjadi kecelakaan, sehingga sangat mengherankan pemerintah mengeluarkan izin keberadaan SPBU tersebut.

Dihubungi terpisah, seorang aktivis lingkungan yang enggan disebutkan identitasnya merasa heran dengan dapat dikeluarkannya ijin Amdal bagi SPBU yang masih dalam tahap pembangunan ini.

“Setidaknya, sebelum dikeluarkan nya ijin Amdal bagi SPBU ini dapat dilakukan kajian-kajian lebih mendalam terkait aspek keamanan, keselamatan dan kenyamanan tidak hanya bagi konsumen, namun juga bagi para pengendara yang melintas di jalan tersebut,” ungkapnya.

Baca: Mobil terbakar saat isi jerigen dengan BBM di SPBU Kotobaru

Ditambahkanya, biasa nya Pertamina sebagai penentu bagi ijin SPBU sangat selektif dan teliti serta selalu mengutamakan keamanan, keselamatan dan kenyamanan, tidak hanya terhadap persyaratan dan kelengkapan dari SPBU. Namun juga selalu mengkaji dari aspek sosial lainya.

“Untuk ijin SPBU yang dikeluarkan Pertamina, biasanya setau saya sebelumnya Pertamina selalu mempertimbangkan dan mengkaji dari berbagai aspek termasuk aspek sosial. Karena Pertamina biasa nya selalu mengutamakan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan tidak hanya bagi konsumen yang akan menggunakan jasa SPBU tersebut, namun juga bagi para pengendara lainya,” jelasnya.

Baca: SPBU di Rengat nyaris meledak

Sementara itu, baik pemilik maupun pengurus SPBU 13.294.624 Jalan Lintas Timur Desa Sei Dawu Kecamatan Rengat Barat, Inhu hingga berita ini dibuat belum dapat dikinfirmasi.***

Komentar
%d blogger menyukai ini: