Home / Spesial Riau / Dugaan pencemaran oleh PT RAPP akan diusut Polres Siak

Dugaan pencemaran oleh PT RAPP akan diusut Polres Siak

Pabrik PT IKPP di Perawang, Siak. (Kredit Foto: Daniel Beltra/Greenpeace)

Pekanbaru (RiauNews.com) – PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) yang beroperasi di Perawang, Kabupaten Siak, diduga telah melakukan aktivitas yang mencemarkan air, tanah dan udara. Dugaan tersebut disampaikan sejumlah kelompok masyarakat dalam aksi demonstrasi di depan kantor perusahaan tersebut di Jalan Teuku Umar, Pekanbaru dan Polda Riau pada Rabu (20/9/2017) lalu.

Menanggapi laporan dugaan pencemaran lingkungan oleh salah satu perusahaan pembuat kertas dan bubur kertas terbesar di Indonesia ini, Kapolda Riau Brigjend Nandang mengatakan pihaknya akan memerintahkan Kapolres Siak untuk mengusutnya terlebih dahulu.



“Saya perintahkan Kepala Kepolisian Resor Siak menindaklanjuti. Kita ada lapisannya, kalau berat Polda Riau yang akan menangani, kita berikan dukungan dulu,” kata Kapolda, Jumat (22/9).

Menurut dia, penanganan kasus pencemaran lingkungan berbeda dengan dengan kasus yang barangnya nampak seperti kejahatan konvensional. Ini memerlukan keterangan ahli dan hasil laboratorium apakah ada pencemaran yang membahayakan.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: