Home / Spesial Riau / Buruh di Riau ingin UMP Rp3 juta

Buruh di Riau ingin UMP Rp3 juta


Pekanbaru (RiauNews.com) – Upah minimum provinsi (UMP) Riau yang disahkan Gubernur Riau sebesar Rp2.464.154,06, dianggap oleh kalangan buruh belum bisa mensejahterakan mereka.

Kalangan buruh tergabung dalam Konfedarasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (K-SBSI) menyebut, untuk hidup layak di Negeri Lancang Kuning ini, setidaknya UMP di kisaran Rp3 juta.



“Idealnya memang UMP Riau tahun 2018 adalah sebesar Rp3 jutaan, itu dinilai sudah signifikan bagi pekerja untuk sejahtera dan usulan ini sudah disampaikan,” kata Sekretaris DPC Federasi Pertambangan dan Energi (FPE) K-SBSI Kabupaten Siak, Andi, di Pekanbaru, Kamis (02/11/2017) di kutip Antara.

Menurut dia, pengurus serikat khususnya K-SBSI sudah berupaya melakukan perubahan terhadap kenaikan upah buruh setiap tahun dengan cara mengusulkan kenaikan upah.

Ditambahkan, UMP yang disahkan Gubri pada 31 Oktober lalu masih belum bisa memenuhi kebutuhan hidup layak sebuah keluarga dengan dua anak, serta penyesuaian harga kebutuhan pokok dipasar. Belum termasuk kontrak rumah yang cukup mahal di daerah ini dan membiayai anak sekolah.

“Akan tetapi, miris rasanya setiap saat kita menyuarakan besaran kenaikan UMP yang disesuaikan dengan kebutuhan layak minimal itu, justru tidak pernah terealisasi, sebab suara kami masih tidak dinilai penting,” katanya.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: