19 Januari 2018
Home / Spesial Riau / BPBD Riau desak Jambi tetapkan status siaga karhutla

BPBD Riau desak Jambi tetapkan status siaga karhutla

Kepala BPBD Riau Edwar Sanger.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Hingga kini Pemerintah Provinsi Jambi masih belum menetapkan daerah mereka berstatus siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (karhutla), meski jumlah titik panas yang terpantau di provinsi selatan Riau ini terus bertambah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Riau, Edwar Sanger mengatakan, pihaknya terus mendorong agar Jambi segera menetapkan status siaga karhutla, sehingga nantinya bisa mengatasi secara bersama.

“Kami telah beruapaya agar Jambi dan Sumsel menetapkan status siaga karhutla. Dari informasi yang didapat, Sumsel sudah, sementara Jambi masih belum menetapkan,” kata mantan Pejabat Wali Kota Pekanbaru tersebut.

Sebelumnya, pada Senin (5/6) Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi, 52 titik panas mengindikasikan adanya kebakaran hutan dan lahan di Pulau Sumatera, dimana yang terbanyak berada di Provinsi Jambi dengan 17 titik. Dilanjutkan dengan Bengkulu 12 titik panas dan tujuh titik di Sumatera Selatan.

Sementara enam titik terdeteksi di Lampung, dan sembilan titik masing-masing menyebar secara merata di Sumatera Utara, Riau dan Sumatera Barat. Satu titik terdeteksi di Bangka Belitung.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: