18 November 2018
Home / Spesial Riau / Bengkalis / Percikan api di PLTD, Bengkalis nyaris gelap total

Percikan api di PLTD, Bengkalis nyaris gelap total

(ilustrasi listrik padam)

Bengkalis (RiauNews.com) – Sejak Rabu malam hingga siang ini listrik di pulau Bengkalis nyaris padam total. Hanya sebagian yang hidup, seperti di kawasan Kelurahan Bengkalis Kota.

“Iya, Pak! Hingga siang ini listrik di Desa Sungai Alam masih padam total,” jelas Muslim, salah seorang warga Sungai Alam di tempat kerjanya di kawasan jalan Kartini, Bengkalis.



Terkait pemadaman tersebut, sebagaimana informasi yang diterima dari Manajer PLN Bengkalis, Hasdedy menjelaskan, tadi malam sekitar pukul 20.30 WIB terjadi black out sistem isolated kelistrikan pulau Bengkalis dengan indikasi tidak terbaca, baik itu di Gardu Hubung Hang Tuah maupun Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Pangkalan Batang.

Ditambahkan Hasdedy, saat pihaknya mencoba melakukan penormalan, namun tetap tidak bisa dan operator PLTD melihat percikan Api dikubikel/panel incoming mesin Caterpillar. Operator melakukan pemadaman api dengan racun api.

Dan, imbuh Hasdedy, untuk jaga-jaga, pihaknya menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bengkalis untuk standby di PLTD.

Pukul 23.00 WIB api berhasil padam dan kondisi kubikel (perlengkapan atau peralatan listrik yang berfungsi sebagai pengendali, penghubung dan pelindung serta membagi tenaga listrik dari sumber tenaga listrik) hangus, sehingga mesin tidak bisa beroperasi semua. Sampai pagi ini kubikel dan tim perbaikan sedang menuju ke Bengkalis dari Dumai.

“Saat ini kondisi sistem kelistrikan hanya 4,5 megawatt. Dengan kondisi ini, kami terpaksa melakukan pemadaman bergilir sesuai kemampuan. Kami berupaya perbaikan secepatnya. Semoga tidak ada kendala dan sistim kelistrikan pulau Bengkalis cepat pulih seperti biasa,” pungkas Hasdedy. ***

Sumber: MCR

Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: