Home / Spesial Riau / Bengkalis / Pemkab Bengkalis bantah penyaluran beasiswa tak transparan

Pemkab Bengkalis bantah penyaluran beasiswa tak transparan


Bengkalis (RiauNews.com) – Adanya tudingan dari segelintir masyarakat yang menyebutkan bahwa program beasiswa Pemerintah Kabupaten Bengkalis tidak transparan, dibantah oleh Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bengkalis, Johansyah Syafri.

“Jika tidak transparan, tidak mungkin sampai hampir 2.700 mahasiswa yang menerimanya. Semua persyaratan disampaikan secara terbuka dan diumumkan secara luas kepada publik,” kata Johan sebagaimana dikutip laman Antara.

Dirinya menjelaskan, semua persyaratan beasiswa dilampirkan dalam Pengumuman Nomor 400/Setda-Kesra/2017/302, tentang Penetapan Persyaratan Penyediaan Biaya Pendidikan kepada Mahasiswa Program Studi Diploma-3, Strata-1, Strata-2, Strata-3 yang berasal dari Kabupaten Bengkalis.

“Pengumuman tersebut diunggah ke internet, sehingga semua orang bisa melihatnya. Pun, demikian juga dengan nama-nama mahasiswa penerima beasiswa juga diumumkan ke publik,” tuturnya.

Terkait adanya keluhan bahwa ada yang nilai IPK (Indeks Prestasi Komulatif) tinggi tapi tidak menerima beasiswa, Johan mengatakan, hal itu bisa saja terjadi.

“Bisa jadi IPK seseorang mahasiswa 3,50 misalnya, tapi syarat lain tidak terpenuhi, sehingga permohonan mahasiswa yang bersangkutan tidak akan diproses tim seleksi,” sebutnya.

Masih menurut Johan, sebagaimana juga sudah dijelaskan dalam pengumuman sebelumnya, bagi permohonan yang persyaratannya tidak lengkap tersebut, memang tidak ada perbaikan susulan. Karena itu, tak ada kewajiban tim seleksi untuk menyampaikan apa persyaratan yang tidak lengkap tersebut.

“Karena semua yang mengajukan permohonan untuk mendapatkan beasiswa tersebut, seluruhnya membuat Surat Pernyataan Tidak Menuntut Hasil Seleksi di atas materai Rp6.000. Mereka juga tahu bahwa Keputusan Tim bersifat final, mengikat dan tidak dapat dituntut di muka pengadilan. Dalam Pengumuman Nomor 400/Setda-Kesra/2017/302 itu, ketentuan ini juga dijelaskan,” jelasnya. ***

Baca Juga

Mayat telanjang ditemukan warga mengapung dibibir pantai Bengkalis

Bengkalis (RiauNews.com) – Warga di Desa Mentayan, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Riau, pada Rabu (13/12/2017) ...

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: