20 September 2018
Home / Spesial Riau / Bengkalis / Bengkalis akan kontrak guru honor guna menutupi kekurangan tenaga pengajar

Bengkalis akan kontrak guru honor guna menutupi kekurangan tenaga pengajar

Kegiatan belajar di sebuah Sekolah Dasar.

Bengkalis (RiauNews.com) – Salah satu daerah kaya di Riau, Kabupaten Bengkalis, ternyata masih kekurangan sekitar 2.000 guru, baik di tingkat dasar dan menengah. Hal ini sebagaimana diungkapkan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis, Edi Sakura, Kamis (21/12/2017).

“Untuk tingkat Sekolah Dasar, Bengkalis kekurangan guru kelas 861 orang, guru agama 187 orang, dan guru olahraga 234 orang. Sementara untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama, kita kekurangan 550 orang guru,” ucap Edi.

Namun, untuk menutupi kekurangan tenaga pengajar tersebut, Edi menyatakan pihaknya takkan melakukan perekrutan secara terbuka.

“Kita akan mengangkat guru -guru honorer yang ada untuk menjadi guru kontrak,” katanya.

Menurutnya, para guru yang saat ini berstatus sebagai honor daerah, akan berubah statusnya menjadi guru kontrak yang diatur melalui Peraturan Bupati Bengkalis.

“Karena adanya perubahan tersebut, bisa jadi nanti ada sebagian guru kontrak tersebut akan dipindahkan ke sekolah lain,” paparnya.

Perubahan ini katanya untuk menata dan mengisi kekurangan guru di sejumlah sekolah, sementara ditempat yang lama malah terjadi kelebihan tenaga.

Begitu juga dengan guru komite yang saat ini di Bengkalis jumlahnya sekitar 2.000 orang. Juga akan dijadikan guru kontrak.

“Khusus untuk guru komite, statusnya guru kontrak Dinas Pendidikan yang honornya dibayarkan melalui dana BOSDA (Bantuan Operasional Sekolah Daerah),” jelasnya. ***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: