Luhut mengaku belum dengar protes Rusia

Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan. (Kredit: RMOL)

Jakarta (RiauNews.com) – Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengaku belum pernah mendengar ada protes dari Dutabesar Rusia atas penyebutan “propaganda Rusia” oleh Presiden Joko Widodo.

Padahal Senin (4/2/2019) lalu, Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva secara tegas menyatakan keberatan atas penggunaan istilah “propaganda Rusia” yang digunakan Jokowi.

Melalui akun Twitter resmi Kedutaan Besar Rusia di Jakarta, Vorobieva menegaskan bahwa negaranya tidak pernah ikut campur urusan dalam negara lain. Apalagi, mencampuri pesta demokrasi Indonesia.

Namun demikian, Luhut mengaku belum mendengar protes tersebut.

“Nggak pernah denger saya,” ujarnya di Sheraton Ballroom, Kota Surabaya, Jawa Timur, Kamis (7/2).

Lebih lanjut, Luhut menilai masyarakat keliru dalam menafsirkan pernyataan Jokowi mengenai “propaganda ala Rusia”. Kata dia, yang dimaksud Jokowi bukan propaganda yang dilahirkan oleh pemerintah Rusia.

“Bukan presiden Rusia yang mempropaganda, tidak. (Pemahaman) salah itu,” jelasnya.

Menurutnya, maksud Jokowi itu mengacu pada metode propaganda yang tercipta di suatu tempat dan coba dipraktikkan di Indonesia.

“Ada kan metode propaganda yang mungkin dilahirkan di satu tempat, ya itu aja,” tegasnya tanpa merinci tempat yang dimaksud.***

Sumber: RMOL

Komentar
%d blogger menyukai ini: