22 Oktober 2018
Home / Olahraga / Stadion Utama Gelora Bung Karno paling terang di Asia

Stadion Utama Gelora Bung Karno paling terang di Asia

Usai direnovasi, Stadion Utama Gelora Bung Karno jadi paling terang di Asia, nomor empat di dunia.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Usai renovasi besar-besaran guna menyambut perhelatan olahraga terakbar di Asia, yakni Asian Games 2018, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) kini menjadi yang terterang di Asia karena memiliki kekuatan penerangan mencapai 3.500 lux dari sebelumnya yang hanya 1.500 lux.

Peningkatan pencahayaan ini tentu akan membuat menonton pertandingan di malam hari akan semakin nyaman.



Namun, ternyata ada juga stadion yang memiliki penerangan lebih kuat dari stadion terbesar di Indonesia tersebut. Berikut ini, adalah enam stadion di dunia dengan lampu paling terang di dunia dikutip dari iNews.

1. Corinthians Arena (Brasil)

Stadion yang merupakan kandang klub Serie A Brasil, Corinthians ini menjadi stadion paling terang di dunia, karena memiliki kekuatan penerangan mencapai 5.000 lux. Stadion ini diresmikan pada Mei 2014 dan memiliki kapasitas 48.234 penonton.

2. Metlife Stadium (Amerika Serikat)

Stadion ini digunakan oleh dua tim Sepak Bola ala Amerika atau American Football, New York Giants dan New York Jets. Stadion berkapasitas 82.500 penonton tersebut, menjadi stadion paling terang kedua, dengan kekuatan penerangan 3.767 lux.

3. Stadion San Siro/Giuseppe Meazza (Italia)

Stadion kebanggaan dua klub Italia, AC Milan dan Inter Milan ini, berada di posisi ketiga sebagai klub dengan penerangan terbaik. Stadion yang dibangun pada Agustus 1925 tersebut, saat ini memiliki kekuatan penerangan mencapai 3.600 lux.

4. Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK/Indonesia)

Stadion kebanggaan masyarakat Indonesia ini mengalami perubahan kekuatan penerangan menjadi 3.500 lux, setelah sebelumnya hanya memiliki 1.500 lux. Selain perubahan pada pencahayaan, daya tampung SUGBK usai renovasi berkurang dari 90 ribu, menjadi 76.127 karena ada sebagian yang diubah untuk penonton difabel.

5. Busan Asiad Main Stadium (Korea Selatan)

Stadion ini merupakan mantan kandang dari klub K-League, Busan IPark. Stadion berkapasitas 53.769 penonton tersebut, juga menjadi salah satu venue yang digunakan pada Piala Dunia 2002. Busan Asiad Main Stadium memiliki kekuatan penerangan mencapai 3.200 lux.

6. Stadion Wembley

Stadion tim nasional Inggris, yang saat ini tengah dipakai Tottenham Hotspur tersebut berada di urutan keenam. Stadion terbesar kedua di dunia dengan kapasitas 90.000 penonton itu, memiliki kekuatan penerangan 3.000 lux.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: