Home / Olahraga / Raket / Tim Malaysia dibabat China 5-0 di laga perdana Sudirman Cup

Tim Malaysia dibabat China 5-0 di laga perdana Sudirman Cup


Nanning (RiauNews.com) – Tim bulutangkis Malaysia langsung mendapat pelajaran pahit di Sudirman Cup 2019. Pasukan negeri Jiran tersebut dibantai habis tim tuan rumah di laga perdana grup 1D.

Dalam pertandingan yang digelar di Guangxi Sports Center, Kota Nanning, China. Secara tak terduga, 5 wakil Malaysia dipecundangi habis-habisan. Mereka kalah 5-0 dari China.



Di laga perdana, sebenarnya Malaysia cukup membuat China ketar-ketir, ganda putra mereka Aaron Chia/Soh Woii Yik sempat merepotkan pemain China. Padahal di sektor ini China langsung menurunkan juara dunia ganda putra, Li Junhui/Liu Yuchen.

China dibuat panik karena Aaron/Soh berhasil mengalahkan Li/Liu di gim pertama dengan poin 18-21. Tertinggal 1 gim, Li/Liu mampu bangkit di gim kedua, mereka merebut kemenangan dengan poin 21-14 dan memaksa Aaron/Soh menuntaskan pertarungan dengan rubbergame.

Baca: Pengembalian bola luar biasa Ginting jadi sorotan dunia saat taklukkan wakil Inggris

Di gim penentu, China kembali dibuat tegang, karena ternyat runnerup All England Open 2019, mampu menyulitkan Li/Liu. Bahkan, Aaron/Soh sempat unggul poin 17-19. Namun, Li/Liu berhasil mengejar ketertinggalan. Aaron/Soh sempat membuka peluang untuk menang karena kembali unggul 19-20.

Tapi, Li/Liu berhasil menyamakan kedudukan 20-20 dan memaksa terjadi deuce dan malah berbalik unggul 20-21. Sayang, Aaron/Soh kembali menyamakan poin 21-21. Akhirnya dalam penuh ketegangan pada menit 60, Li/Liu berhasil menyumbangkan 1 kemenangan untuk China dengan menutup laga pada kedudukan 24-22.

Di pertandingan kedua, lagi-lagi China dibuat panik. Karena, juara All England Open 2019, Chen Yufei dipersulit putri Soniia Cheah. Chen yang memenangkan gim pertama dengan angka 21-15, harus menelan ludah di gim kedua karena Soniia berhasil menyamakan skor 1-1 setelah memenang gim kedua dengan poin 21-23.

Lagi-lagi perebutan 1 poin Malaysia dan China harus melalui rubbergame. Akhirnya Chen membuktikan dirinya lebih ganas dari Soniia, dia menutup gim penentu dengan angka telak 21-14. Dan China unggul 2-0 atas Malaysia.

Lalu di laga ketiga, China semakin mengganas, tunggal putranya Shi Yuqi, dengan mudah melibas pemain muda Malaysia, Lee Zii Jia dengan poin 21-12 dan 21-11. Dan China memastikan 1 poin di grup 1D dengan skor 3-0.

Meski telah unggul 3-0. China benar-benar tak mau memberikan 1 kemenangan pun pada Malaysia, terbukti di laga berikutnya, Du Yue/Li Yinhui menghajar duo putru Malaysia dengan poin 21-18 dan 21-14.

Dan di pertandingan terakhir, Malaysia benar-benar dibuat menyesal tak membawa Chan Peng Soon/Goh Liu Ying ke Sudirman Cup 2019.

Sebab, ganda campuran mereka, Lai Pei Jing/Tan Kian Meng tak berdaya menghadapi raksasa ganda campuran dunia milik China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong. Lai/Tan dipecundangi ranking 1 dunia itu dengan poin telak dalam dua gim 21-16 dan 21-12.

Dengan kekalahan ini, peluang Malaysia untuk bisa lolos ke babak selanjutnya semakin sempit. Di laga selanjutnya, mereka harus berhadapan dengan India. Sementara itu atas kemenangan telak 5-0 dari Malaysia, China kini memimpin grup 1D.

Perlu diketahui, Malaysia membuang dua pasang pemain ganda mereka dari skuat utama Sudirman Cup 2019, kedua ganda itu yakni Chan Peng Soon/Goh Liu Ying dan Goh V Shem/Tan Wee Kiong.

Tidak adanya kedua ganda itu di tubuh tim Malaysia terbukti sangat merugikan. Karena cuma mereka pebulutangkis Malaysia yang telah berhasil naik podium juara di tahun 2019 ini.***[VIVA]

Komentar
%d blogger menyukai ini: