12 Desember 2018
Home / Olahraga / MotoGP / Marquez rebut podium utama Le Mans

Marquez rebut podium utama Le Mans

Marc Marquez.

Le Mans (RiauNews.com) – Seri kelima MotoGP 2018 di Sirkuit Bugatti Le Mans, Prancis, Ahad (20/5/2018), memakan korban sejumlah rider unggulan yang berjatuhan. Pembalap Repsol Honda Marc Marquez sukses menjadi yang tercepat dengan catatan waktu terbaik 41 menit 49,773 detik.

Marquez diikuti oleh rider Pramac Racing Danilo Petrucci yang harus puas menempati posisi kedua. Posisi ketiga ditempati oleh pembalap veteran Yamaha Valentino Rossi yang terpaut 5,350 detik.



Dilansir laman Republika, sejak awal balapan, drama para pembalap terjatuh terjadi di GP Prancis tahun ini. Pembalap Suzuki Ecstar, Andrea Iannone menjadi tumbal pertama di Sirkuit Le Mans. Pembalap Ducati Jorge Lorenzo pun tampil bagus dan langsung melesat ke posisi terdepan.

Memasuki lap ketiga, Lorenzo masih memimpin balapan. Di posisi kedua, rekan setimnya Andrea Dovizioso sukses mendahului Johann Zarco. Sedangkan, tempat keempat diisi oleh Marc Marquez diikuti Danilo Petrucci dan Valentino Rossi.

Petaka kembali terjadi, kali ini pada lap kelima Andrea Dovizioso yang sukses mengasapi Lorenzo gagal mengontrol motor Ducati dengan baik. Rider asal Italia tergelincir dan harus kembali pulang dengan tangan hampa dari seri kali ini. Kecelakaan ini mengulangi kejadian serupa pada balapan sebelumnya. Kala itu Dovi terjatuh setelah bertabrakan dengan rekannya Jorge Lorenzo di balapan Jerez, Spanyol.

Memasuki lap kedelapan, duel sengit terjadi antara Johann Zarco dan Marc Marquez. The Baby Allien sukses menyalip Zarco, namun kemudian pembalap Prancis itu berhasil kembali mengamankan posisinya.

Sial, pembalap tuan rumah gagal mengontrol motornya dengan baik. Kendali Zarco terlepas dari motor Monster Yamaha Tech 3 dan membuat Marquez dengan mudah naik ke urutan kedua. Tak butuh waktu lama, ia tancap gas dan menyusul Lorenzo. Marc Marquez pun berada di depan dengan menyisakan 18 lap.

Pendukung the Doctor, julukan Valentino Rossi, bersorak ketika pembalap Yamaha itu berhasil menyalip Lorenzo untuk merebut posisi ketiga pada tikungan kedelapan. Rossi berhasil memanfaatkan penampilan Lorenzo yang terus menurun karena menggunakan ban lunak.

Posisi tiga besar Marquez, Petrucci, dan Rossi terus bertahan hingga akhir balapan. Lorenzo yang sebelumnya memimpin balapan justru terpuruk hingga posisi enam. Memasuki tiga lap tersisa, Marquez sudah unggul lebih dari 2 detik atas Petrucci. Sementara Rossi sukses mempertahankan posisi ketiga dari kejaran Jack Miller.

Selepas laga, Rossi mengaku bahwa dirinya lebih cepat dari rekan setimnya Maverick Vinales yang finis di posisi tujuh. “Saya tahu lebih cepat dibanding dia. Namun Petrucci lebih cepat dari saya, ini podium yang hebat dan saya senang untuk itu,” kata Rossi, Ahad (20/5).***

Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: