25 Agustus 2019
Home / Olahraga / MotoGP / Marquez menang di GP Catalunya ‘dibantu’ insiden Lorenzo

Marquez menang di GP Catalunya ‘dibantu’ insiden Lorenzo

Marquez, Quartararo dan Petrucci menjadi pebalap yang berhasil naik podium MotoGP seri Catalunya Spanyol. (Foto: Twitter/MotoGP)

Barcelona (RiauNews.com) – Pebalap Repsol Honda Marc Marquez meraih kemenangan di MotoGP seri Catalunya Spanyol yang berlangsung di Sirkuit Barcelona, Catalunya, Ahad (16/6/2019), pada balapan yang diwarnai kontroversi kecelakaan Jorge Lorenzo.

Andrea Dovizioso, Maverick Vinales dan Jorge Lorenzo memulai balapan dengan sangat luar biasa. Dovizioso yang start dari posisi lima berhasil memimpin balapan di tikungan pertama, Vinales naik dari posisi enam ketiga, dan Lorenzo berada di posisi lima setelah start dari posisi sepuluh.



Drama langsung terjadi di lap kedua. Lorenzo membuat tiga pesaing Marquez di MotoGP 2019, Dovizioso, Vinales, dan Valentino Rossi mengalami kecelakaan di tikungan sepuluh.

Baca: Dovizioso coba hentikan rentetan kemenangan Marquez di Mugello

Lorenzo kehilangan kendali menabrak Dovizioso dan Vinales. Rossi kemudian juga terjatuh setelah tidak mampu menghindari sepeda motor Lorenzo. Alhasil Dovizioso, Vinales, Rossi, dan Lorenzo tidak mampu melanjutkan balapan.

Kecelakaan yang dibuat Lorenzo sangat menguntungkan Marquez. Pasalnya, juara bertahan MotoGP itu langsung memimpin jauh di depan. Persaingan yang menarik hanya terjadi pada perebutan posisi kedua yang melibatkan Danilo Petrucci (Ducati), Alex Rins (Suzuki), dan Fabio Quartararo (Yamaha Petronas).

Baca: Menang di Mugello, Lorenzo senang sekaligus sedih

Petrucci dan Rins beberapa kali saling menyalip untuk memperebutkan posisi kedua. Persaingan antara Petrucci dan Rins membuat Marquez dengan memimpin balapan tanpa tekanan. Balapan memasuki lap sepuluh, Marquez sudah unggul 3,8 detik.

Rins kemudian melakukan kesalahan di tikungan pertama lap ke-18. Pebalap asal Spanyol itu kehilangan kendali di tikungan pertama dan harus turun ke posisi tujuh. Dua tikungan berikutnya Quartararo berhasil menyalip Petrucci untuk mengambil alih posisi kedua.

Marquez kemudian melewati garis finis dengan kemenangan atas Quartararo dan Petrucci dengan catatan waktu 40 menit 31,175 detik.

Kemenangan di MotoGP Catalunya 2019 membuat Marquez semakin unggul di puncak klasemen MotoGP 2019. Marquez kini unggul 37 poin atas Dovizioso.

Hasil MotoGP Catalunya 2019:

1. MARC MARQUEZ 40 menit 31,175 detik
2. FABIO QUARTARARO +2.660
3. DANILO PETRUCCI +4.537
4. ALEX RINS +6.602
5. JACK MILLER +6.870
6. JOAN MIR +7.040
7. POL ESPARGARO +16.144
8. TAKAAKI NAKAGAMI +17.969
9. TITO RABAT +22.661
10. JOHANN ZARCO +26.228

Komentar
%d blogger menyukai ini: