11 Desember 2018
Home / Olahraga / MotoGP / Dovizioso juara dalam drama di MotoGP Valencia

Dovizioso juara dalam drama di MotoGP Valencia

Pebalap Ducati Andrea Dovisiozo. (Kredit: Motorsport.com)

Valencia (RiauNews.com) – Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, keluar sebagai pemenang dalam balapan terakhir MotoGP musim 2018 yang berlangsung di Circuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Ahad (18/11/2018), yang penuh drama.

Usai balapan kelas Moto3 dan Moto2, hujan deras mengguyur sirkuit yang mengakibatkan lintasan menjadi basah, serta licin tentunya, menyebabkan para pembalap mengalami kecelakaan, di antaranya ada dua nama besar.



Start kedua, rider Suzuki Alex Rins melesat ke depan untuk mengambil alih slot terdepan. Maverick Vinales kedua, diikuti Andrea Dovizioso, Pol Espargaro dan Marc Marquez, sedangkan Valentino Rossi menduduki urutan ke-10.

Satu lap kemudian, Dovizioso menyalip Vinales, dengan Espargaro versus Marquez.

Drama bagi sang juara dunia. Setelah mengatasi perlawanan Espargaro, dan tengah mengincar tempat kedua yang dihuni Dovizioso, The Baby Alien terjatuh di Tikungan 9 pada Lap 7. Ia pun langsung dinyatakan tidak finis. Sebelumnya Danilo Petrucci dan Espargaro juga tersungkur.

Namun Marquez bukan satu-satunya. Vinales rupanya mengikuti jejaknya. Tengah mengisi posisi keempat di belakang Rins, Dovizioso dan Rossi, Top Gun terjatuh di Tikungan 13 pada Lap 12. Saat bersamaan, rookie Franco Morbidelli serta Bradley Smith tersingkir.

Lalu ketika memasuki Lap 15, usai Dovizioso-Rossi menguasai dua besar, memanfaatkan Rins melebar satu lap sebelumnya, Red Flag dikibaskan Marshal. Hal ini karena kondisi trek yang dianggap berbahaya. Balapan diulang karena 3/4 jarak tempuh belum terpenuhi.

Ada pun, posisi start mengacu pada Lap 13. Rins start pole position, Dovizioso dan Rossi melengkapi baris depan, dengan jumlah lap adalah sebanyak 14 putaran. Smith yang berhasil membawa motor KTM ke garasi bisa ikut, memulai dari grid ke-16.

Setelah menunggu selama 40 menit, MotoGP Valencia kembali dilanjutkan. Rins melesat lagi. Dovizioso di belakangnya, dibuntuti Rossi, Dani Pedrosa. Satu lap berselang, DesmoDovi menaklukkan Rins, dan mulai mengontrol jalannya balapan.

Lap 7, The Doctor melewati Rins untuk dua besar. Ia memburu rekan kompatriotnya. Akan tetapi, selisih di antara keduanya membesar. Dan pada Lap 10, Rossi tersungkur di tikungan 12. Untungnya, pembalap Yamaha itu bisa melanjutkan balapan.

Menjelang lap-lap akhir, laju kencang Dovizioso sulit dibendung. Tanpa kesulitan, ia merebut kemenangan, podium tertinggi keempat musim ini usai di Qatar, Brno dan Misano – juga kali pertama ia berjaya di Circuit Ricardo Tormo.

Rins mengamankan finis kedua, dengan Espargaro dan pabrikan KTM berpesta atas keberhasilan podium ketiga. Di belakangnya wild card Michele Pirro, diikuti Pedrosa serta rookie Takaaki Nakagami.

Kemudian Johann Zarco posisi ketujuh, Smith mengemas raihan kedelapan, di depan pembalap pengganti Cal Crutchlow, Stefan Bradl. Sedangkan Hafizh Syahrin berhasil 10 besar, dengan Rossi harus puas ke-13, satu tingkat di bawah Jorge Lorenzo.***

Sumber: Motorsport.com

Komentar
%d blogger menyukai ini: