18 Agustus 2018
Home / Olahraga / Mimpi Tour de Siak hingga ke Malaka masih jauh panggang dari api

Mimpi Tour de Siak hingga ke Malaka masih jauh panggang dari api

Para pebalap Tour de Siak tahun sebelumnya.

Siak (RiauNews.com) – Balap sepeda Tour de Siak nasibnya kini memprihatinkan. Alih-alih ingin menandingi kesuksesan even serupa yang diselanggarakan Provinsi Sumatera Barat dengan Tour de Singkarak-nya, yakni dengan memperpanjang rute dengan melewati 10 kabupaten/kota di Riau bahkan hingga ke Malaka, Malaysia, tahun ini jumlah etapenya malah terpaksa dikurangi.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Siak Fauzi Asni mengatakan, “Tour de Siak” yang bakal diselenggarakan pada 29 November- 1 Desember 2017 mendatang hanya memiliki tiga etape, dari empat etape sebelumnya.



“Adapun etape yang ditiadakan adalah rute Siak-Perawang-Siak sepanjang 182,12 kilometer,” sebut Fauzi.

Dijelaskannya, pengurangan etape ini terpaksa dilakukan karena jalan yang akan dilalui para pebalap tersebut dalam keadaan rusak, sehingga bisa membahayakan.

“Ditiadakannya etape Siak-Perawang-Siak sepanjang 182,12 Km karena kondisi jalan pada rute tersebut dalam kondisi rusak, sedangkan kewenangan jalan berada di tangan pemerintah Provinsi Riau. Kita juga tidak bisa memperbaikinya,” kata dia.

Saat ditanyakan terkait pelaksanaan yang diundur ke November, dia terangkan, karena menunggu pengesahan APBD-Perubahan 2017 terlebih dahulu, yang tidak terlepas dari masalah keuangan daerah.

Tiga etape yang akan menjadi trek pebalap nantinya tinggal Siak -Dayun -Siak sepanjang 154,18 Km. Kemudian etape Siak-Sungai Apit-Siak sepanjang 115,45 Km dan etape Siak City Race sepanjang 92 Km.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: