Home / Olahraga / Bola / Piala Dunia / Pemain timnas Spanyol asal Catalunya, dipuji dan dicaci saat lolos ke Rusia

Pemain timnas Spanyol asal Catalunya, dipuji dan dicaci saat lolos ke Rusia

Timnas Spanyol banyak diisi pemain yang berasal dari Catalunya.

Madrid (RiauNews.com) – Gejolak yang terjadi di negara bagian Catalunya, yang ingin memisahkan diri dari Spanyol, juga berdampak pada dukungan fans terhadap para pemain timnas. Di saat yang lain memberikan pujian atas keberhasilan mereka melaju ke Piala Dunia 2018 mendatang yang dihelat di Rusia, sebagian yang lain juga menghujat para pemain, terutama yang berasal dari Catalunya.

Seperti yang diperoleh pemain bertahan Gerard Pique. Pemain yang merumput bersama Barcelona ini menjadi fokus perhatian karena mendapatkan cemoohan dari sebagian pendukung, namun juga menerima tepuk tangan saat Spanyol menundukkan Albania 3-0 pada kualifikasi Piala Dunia 2018 yang berlangsung Sabtu (7/10/2017) dini hari WIB.

Pique tampil untuk yang ke-92 kalinya untuk tim Matador, beberapa hari setelah ia memberikan suara dalam referendum kemerdekaan Katalan yang dianggap ilegal oleh pemerintah Spanyol.



Tak hanya Pique, ada beberapa pemain Spanyol yang berasal dari negara bagian yang terletak di timur laut itu, seperti kapten Sergio Ramos yang merumput di Real Madrid, serta rekan setimnya di Barcelona, Andres Iniesta.

Pique meminta para politisi dari kedua pihak yang terpecah agar bernegosiasi demi menghindari kericuhan yang mengejutkan dunia seperti pada akhir pekan lalu. Namun, suami penyanyi Shakira ini juga membuat banyak orang geram karena terus mengkritik melalui media sosial walaupun sudah bergabung dengan Timnas Spanyol.

“Di Las Rozas (tempat latihan Spanyol) Anda tidak lagi memakai kaus Barcelona, tapi tim nasional, sebagai negara tempat Anda berada dan Anda me-retweet hal-hal yang melawan negara,” kata Nacho Ortiz (23) yang membawa bendera Spanyol dan mengaku akan mengejek Pique, seperti dilansir AFP.

Pique hanyalah salah satu dari sejumlah pemain Katalan yang berperan besar dalam kesuksesan Spanyol saat memenangi Piala Dunia 2010, Piala Eropa 2008 dan 2012.

Sebagian besar penggemar tidak dapat membayangkan bagaimana tim nasional Spanyol atau La Liga, sebagai salah satu liga elit di ranah Eropa, tanpa tim atau pemain dari Catalunya.***

Baca Juga

Bruce Arena mundur sebagai pelatih karena gagal bawa AS ke Piala Dunia

Washington (RiauNews.com) – Amerika Serikat yang tersingkir secara tragis dari kualifikasi Piala Dunia 2018, membuat ...

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: