19 November 2018
Home / Olahraga / Bola / Liga Champions / Seru, Semifinal Liga Champions diisi empat negara berbeda

Seru, Semifinal Liga Champions diisi empat negara berbeda

Empat tim yang akan berlaga di semifinal LIga Champions musim 2017/2018.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Usai sudah fase perempatfinal Liga Champions musim 2017/2018, setelah pada Kamis (12/8/2018) dini hari WIB tadi, Real Madrid dan Bayern Munchen mengikuti jejak Liverpool dan AS Roma lolos ke babak semifinal.

Ada sesuatu yang menarik dari semifinal musim ini. Berdasarkan data dari Opta, ini adalah semifinal pertama yang menghadirkan empat tim dari negara berbeda sejak 2010 lalu.



Kala itu, empat besar diisi Bayern (Jerman), Olympique Lyon (Prancis), Inter Milan (Italia), serta Barcelona (Spanyol).

Namun kini terasa lebih spesial, karena empat tim berasal dari liga negara paling top di Eropa, yakni Premier League Inggris, Bundesliga Jerman, Serie A Italia dan La Liga Spanyol. Mereka adalah empat negara dengan nilai koefisien UEFA tertinggi.

Baca: Menang dari Real Madrid 1-3, Juventus tetap tersingkir

Seperti diketahui, koefisien UEFA dihitung berdasar pada prestasi klub-klub sebuah negara di kompetisi antarklub Eropa. Hasil ini menentukan berapa tim yang berhak lolos ke kancah Liga Champions dari sebuah liga.

Saat ini Premier League dan La Liga adalah yang paling tinggi, dimana mereka berhak mengirimkan empat atau bahkan lima tim. Seperti pada musim ini Premier League diwakili lima tim, yakni empat tim berasal dari yang finish di urutan empat besar liga domestik, plus Manchester United yang kala itu keluar sebagai pemenang Liga Europa musim 2016/2017.

Baca: Luar biasa, Roma singkirkan Barcelona dari Liga Champions

Undian partai semifinal Liga Champions akan digelar pada Jumat (13/4/2018) di Nyon, Swiss. Pertandingan laga pertama dimainkan pada 24 dan 25 April 2018, sedangkan laga kedua berlangsung pada 1 dan 2 Mei.***

Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: